25 June 2018

Innalillahi Wainnailaihi- raji'un: Mantan Gubernur BI Rachmat Saleh Tutup Usia

KONFRONTASI -  Mantan Gubernur Bank Indonesia, Rachmat Saleh, tutup usia pada hari ini Minggu, 11 Februari 2018. Rachmat Saleh menghembuskan nafas terakhirnya setelah dirawat beberapa hari di RS Abdi Waluyo.

Dari keterangan pers Bank Indonesia yang diterima VIVA, Rachmat wafat pada usia 87 tahun. Ia pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia tahun 1973-1983. Selama menjabat, almarhum dikenal jujur, tegas dan berdisiplin tinggi. Usai menjadi Gubernur Bank Indonesia, Rachmat dipercaya menjadi Menteri Perdagangan dari tahun 1983-1988.  

Selama menjadi Gubernur BI, Rachmat Saleh, senantiasa berpegang pada lima pedoman profesionalitas, etika dan moral yaitu, nasionalisme, kejujuran, kerja keras, dedikasi, serta konsisten menambah pengetahuan. Lima pedoman tersebut membuatnya dikenal sebagai pejabat yang rendah hati, jujur dan lurus serta tegas dalam mengemban tugas.

 

Rachmat wafat tiga hari setelah buku biografinya yang berjudul “Rachmat Saleh, Legacy Sang Legenda Kejujuran” diluncurkan pada Hari Pers Nasional, yang jatuh pada 9 Februari 2018 di Padang, Sumatra Barat. Pada momen itu, bukunya bersamaan dengan 29 buku lainnya yang ditulis wartawan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur itu merupakan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Selama masa kepemimpinannya, Rachmat Saleh mewariskan banyak hal untuk BI, UMKM, perbankan, dan sektor perdagangan.

Berbagai buah pemikiran serta kebijakannya termuat dalam catatannya. Seperti, Lelang Jabatan Murni di Kementerian Perdagangan, Memacu Daya Saing Bangsa, Bapak Kebangkitan Pribumi dan banyak karya tulis lainnya. (Jft/Viva)

Category: 
Loading...