HUT TNI ke-74, Presiden Jokowi Tambahkan Anggaran Jadi Rp131 Triliun

Konfrontasi - Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/10/2019). Selain menyampaikan ucapan selamat, Jokowi juga memastikan untuk terus meningkatkan kesejahteraan prajurit.

Presiden dalam amanatnya mengatakan, peningkatan kemandirian industri pertahanan nasional terus diusahakan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012. Tidak hanya itu, pemerintah juga akan meningkatkan kualitas pendidikan dan latihan prajurit TNI untuk mendukung profesionalisme prajurit.

”Pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan dan fasilitas kerja bagi prajurit TNI. Alokasi anggaran pertahanan tahun 2019 sebesar Rp121 triliun akan dinaikkan menjadi lebih dari Rp131 triliun di tahun 2020,” kata Jokowi di upacara HUT TNI.

Kepala Negara menuturkan, pemerintah juga mengupayakan kredit perumahan untuk prajurit hingga jangka waktu 30 tahun. Selain itu, pemerintah akan meningkatkan tunjangan kinerja TNI menjadi 80 persen pada 2020.

Peringatan HUT ke-74 TNI mengusung tema “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”. Selain dihadiri Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, turut hadir Wapres Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, para menteri Kabinet Kerja, pimpinan lembaga negara dan para tamu undangan.

Jokowi menyampaikan selamat ulang tahun serta mengapresiasi TNI yang terus bekerja untuk rakyat. Bangsa Indonesia menyampaikan penghargaan khusus kepada para prajurit TNI yang gugur saat menjalankan tugas demi tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

”Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun Ke-74 Tentara Nasional Indonesia. Selamat atas prestasi yang ditorehkan oleh TNI. Selamat atas kepercayaan dan kebanggaan rakyat Indonesia untuk saudara-saudara semua, dan selamat berbakti untuk ibu pertiwi,” kata Jokowi. (inws/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...