24 January 2020

Himbauan Pihak Kepolisian, Semua Pihak di Papua Diminta Sambut Kedatangan Jokowi

KONFRONTASI-Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengimbau kepada segenap lapisan masyarakat yang ada di wilayah itu untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan rombongan pada pekan ini.

"Kami mengimbau semua pihak, tokoh adat, agama, perempuan dan segenap masyarakat untuk menyambut dengan baik kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan pada minggu ini," kata Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Papua Kombes Pol Patrige di Jayapura, Rabu.

Ia mengatakan kedatangan mantan gubernur DKI Jakarta itu ke Papua adalah selain untuk kunjungan kerja, juga untuk menepati janjinya mempercepat pembangunan di segala bidang dan mendekatkan diri dengan masyarakat di wilayah itu.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, Pak Presiden juga akan meletakkan batu pertama atau juga meresmikan sejumlah proyek pembangunan di Papua," katanya.

Untuk itu, dukungan dari semua pihak guna menjaga situasi dan kondisi yang aman dan damai diperlukan sehingga berbagai kunjungan kerja orang nomor satu di tanah air itu bisa berjalan lancar. "Maka dari itu kami akan melakukan lakukan pendekatan dengan pihak-pihak yang menolak kedatangan Presiden dan rombongan," katanya.

Patrige mengakui bahwa masih ada sekelompok orang atau pimpinan gereja yang menolak kedatangan Presiden ke Papua, namun polisi bersama TNI akan mengawal kunjungan tersebut. "Kami tetap mengawal kunjungan itu dan Polda Papua akan berupaya melakukan pendekatan dengan pimpinan Gereja agar kunjungan Presiden bisa diterima dengan baik," katanya.

Mantan Kapolres Sarmi dan Merauke itu juga menyampaikan bahwa tugas kepolisian adalah untuk menetralisir situasi dan menciptakan Kamtibmas yang kondusif. "Mungkin ada pihak pimpinan gereja, yang mungkin belum sepaham dengan pekerjaan kepolisian dalam melihat situasi Kamtibmas. Polda akan tetap melakukan pendekatan intelijen dengan pimpinan gereja di tanah Papua ini," katanya.

Mengenai kesiapan pengamanan untuk kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan, Patrige mengemukakan, bahwa Polda Papua bersama seluruh pimpinan di Papua telah melakukan rapat Koordinasi di Kantor Provinsi Papua.

Namun, jadwal pasti kedatangan Presiden Jokowi bersama rombongan pihaknya belum tahu. "Nanti secara resmi akan disampaikan Panglima Kodam Cenderawasih terkait pengamanan RI satu, sebab sektor pengamanan ada di Pangdam," katanya.(ant)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...