15 June 2021

Gunung Merapi Kembali Meletus, Erupsi Keenam dalam Rentang Waktu Enam Hari

Konfrontasi - Pada Kamis (2/4) Gunung Merapi lagi-lagi erupsi. Dalam erupsinya itu, gunung api setinggi 2.965 Mdpl itu mengeluarkan kolom abu setinggi 3.00 meter.

Berdasarkan keterangan BPPTKG dalam akun Twitternya, erupsi itu terjadi pada pukul 15.10 WIB. Erupsi itu tercatat di seismograf dengan amplitudo 78 mm dan durasi 345 detik. Waktu erupsi terjadi, arah angin menukik ke arah timur.

Sebelumnya, aktivitas Gunung Merapi memang meningkat. Dalam sepekan, gunung yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini mengalami erupsi sebanyak enam kali.

1. Status Tetap Waspada

Dengan adanya letusan itu, BPPTKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan jangan panik. Menurut BPPTKG, walaupun terjadi erupsi namun status Merapi masih berada pada level Waspada (Level II) dengan radius bahaya 3 km dari puncak.

Selain itu melalui akun Twitternya BPPTKG mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik.

2. Terekam Video CCTV BPPTKG

Karena terjadi saat langit masih terang, letusan Merapi terekam oleh video CCTV dai pos pemantauan Gunung Merapi di Babadan. Dalam video yang sudah dipercepat lima detik untuk satu menit itu, tampak kepulan abu Gunung Merapi keluar perlahan-lahan dari dalam kawah.

Abu mengepul ke udara menembus langit yang sebenarnya sedikit berawan. Namun awan tipis yang perlahan-lahan menutup puncak merapi membuat kepulan abu menjadi tidak terlihat lagi.

3. Erupsi Keenam dalam Rentang Waktu Enam Hari

Erupsi yang terjadi pada Kamis (2/4) itu merupakan letusan keenam yang terjadi dalam waktu enam hari. Sebelumnya Merapi meletus pada Hari Jumat (27/3) pukul 10.56 WIB dan mengeluarkan kolom abu setinggi 5.000 meter. Letusan kedua terjadi pada pukul 21.46 WIB di hari yang sama dan mengeluarkan kolom abu setinggi 1.000 meter.

Sementara itu letusan ketiga terjadi keesokan paginya pada Sabtu (28/3) pada pukul 05.21 dan mengeluarkan kolom abu setinggi 2.000 meter disusul letusan pada malam harinya pukul 19.21 dan mengeluarkan kolom abu setinggi 3.000 meter.

Dini harinya pada Minggu (29/3) pada pukul 00.15 WIB, Merapi erupsi lagi dan mengeluarkan kolom abu setinggi 1.500 meter. Setelah empat hari tidak erupsi pada akhirnya gunung api itu erupsi lagi pada Kamis (2/4) dan mengeluarkan kolom abu setinggi 3.000 meter.

4. Penampakan Semar pada Letusan Gunung Merapi

 

Pada Hari Minggu (29/3) beredar sebuah video penampakan Semar pada letusan Gunung Merapi. Semar sendiri merupakan salah satu tokoh pewayangan dalam kesenian Jawa. Dilansir dari Dream.co.id pada Minggu (29/3), penampakan itu cukup heboh dan menjadi viral di media sosial.

Menurut beberapa warganet, penampakan Semar itu menandakan Pagebluk Virus Corona di Indonesia akan segera berakhir. (mrdk/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...