Gubernur Ahok kembali Gusur Rumah Rakyat Miskin

KONFRONTASI - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama membenarkan pihaknya akan kembali menggusur sejumlah permukiman dalam rangka proyek normalisasi kali Ciliwung. Kali ini, giliran permukiman bantar kali Ciliwung sisi daerah Ancol yang rencananya bakal ditertibkan. Namun dirinya mengaku tak tahu pasti kapan penggusuran akan dilakukan. 

"Tapi digusur tunggu rusun siap," kata Basuki di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (9/11/2015).

Ahok, sapaan Basuki, menyebut kesiapan rusun bukan hanya tergantung dari pembangunan rusun baru. Pemprov DKI akan memanfaatkan unit kosong pada sejumlah rusun yang terkena razia. "Kita lagi ngusir-ngusirin orang," ucap Ahok.

Untuk sekali melakukan razia, sambung Ahok, Pemprov DKI bisa menemukan 9 sampai 40 unit rusun yang dihuni penghuni liar. Unit rusun yang kosong akan didata dan dikumpulkan hingga 200 sampai 300 unit. "Baru kita akan gusur (permukiman liar Ancol)," jelas Ahok.

Penggusuran bantar kali Ciliwung sisi Ancol akan di fokuskan di Jalan Kerapu, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Pemprov bakal mengambil lahan sebanyak 15 meter untuk pembuatan jalan inspeksi dan trase. [mtv/ian]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA