Fadli Zon Minta Pulau Susi Diusut Tuntas

KONFRONTASI - Pemerintah daerah di Aceh diminta mengusut status kepemilikan Pulau Sevelak yang sudah berganti nama menjadi Pulau Susi. Sebab, Pemda lebih mengetahui persoalan kewilayahan masing-masing.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPR Fadli Zon  menanggapi polemik status Pulau Sevelak di Kabupaten Simeulue, Nangroe Aceh Darussalam (NAD), meskipun Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sudah membantah memiliki pulau tersebut.

"Saya kira pemda setempat yang seharusnya memberikan keterangan bagaimana status pulau itu, supaya ada kejelasan kepemilikannya. Pemerintah daerah yang harus berikan keterangan itu karena mereka memiliki akses terhadap semua informasi data," kata Fadli di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (17/11).

Terkait boleh tidaknya sebuah pulau dimiliki atau dikuasai oleh perseorangan atau pengusaha, politikus Partai Gerindra ini menyatakan sebaiknya sebuah pulau tidak dikuasai atau dimiliki perorangan apalagi pengusaha.

"Sebaiknya tidak, karena bagian dari kedaulatan bangsa. Bayangkan kalau pulau-pulau itu bisa dikuasai swasta dan diperjualbelikan, apalagi pulau yang strategis di perbatasan. Itu akan sangat membahayakan," tandasnya.[ian/jpn]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...