Dimana-mana, Prabowo-Hatta Menang, Joko-Kalla Keok di Rejang Lebong, Bengkulu

KONFRONTASI - Pasangan Prabowo-Hatta menjadi pemenang di  Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, meski partisipasi pemilih pada Pemilu Presiden 9 Juli 2014 mengalami penurunan dibandingkan dengan Pemilu Legislatif 9 April 2014 lalu. "Partisipasi pemilih pada Pemilu Presiden 9 Juli 2014 kemarin hanya 67,13 persen dari jumlah DPT sebanyak 197.009 jiwa. Pencapaian ini mengalami penurunan dibandingkan pada pelaksanaan Pemilu Legislatif 9 April 2014 lalu yang mencapai 76,78 dari jumlah DPT sebanyak 195.729 jiwa," kata Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Rejanglebong, Mansurudin di Rejanglebong, Kamis.

Turunnya tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu Presiden di daerah tersebut kata dia, akibat pengaruh musim kopi sehingga banyak warga yang tidak menggunakan hak suaranya karena lebih mengurus usaha perkebunan mereka.

Selain itu faktor lainnya karena ialah kurangnya sosialisasi figur kedua capres dan cawapres oleh masing-masing tim pemenangan serta adanya perubahan pandangan pemilih yang hanya akan menggunakan hak suaranya jika mendapat imbalan atau pemilih materialis.

Kendati sebelumnya pihak KPU setempat tambah dia, sudah berupaya maksimal untuk melakukan kegiatan sosialisasi ke masyarakat daerah itu baik dalam berbagai kegiatan di 15 kecamatan di daerah ini maupun sosialisasi melalui pemasangan baliho serta lewat media massa cetak dan elektronika.

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi perolehan suara pasangan capres dan cawapres yang digelar KPU Rejanglebong, Rabu (16/7) di daerah itu kata dia, angka golput di Rejanglebong mencapai 32,87 persen dari jumlah DPT sebanyak 197.009 jiwa, dimana warga yang menggunakan hak suaranya berjumlah 133.552 jiwa atau 67,13 persen, sedangkan pihaknya semula telah menargetkan minimal partisipasi pemilih ini 75 persen.

Hasil rekapitulasi perolehan suara yang digelar dalam 554 TPS yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejanglebong menyatakan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menang di 10 kecamatan dengan perolehan suara sebanyak 73.479 suara. sedangkan pasangan Joko Widodo- Jusuf Kalla hanya menang dilima kecamatan dengan perolehan suara sebanyak 59.063 suara.[rol/ant]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...