1 April 2020

Dianggap Rugikan Nelayan, Menteri Susi Layak Diganti

KONFRONTASI - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra, Bambang Harjo meminta Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengevaluasi ulang kebijakan yang dibuatnya selama ini. Pasalnya, peraturan yang dikeluarkannya masih ada yang berbenturan dengan kebiasaan nelayan, dan malah merugikan dan menyusahkan para nelayan.

Menurut Bambang, sebelum memutuskan suatu kebijakan, seharusnya Menteri Susi terlebih dahulu mengajak semua stakeholder duduk bersama.

Karena sudah gagal, dan mendapat penolakan keras dari para nelayan seluruh tanah air. Bambang meminta Presiden Jokowi mencopot Menteri Susi dari Kabinet Kerja.

"Presiden Jokowi harus ganti Menteri Susi karena sudah terbukti menyusahkan para nelayan" tegasnya, Selasa (10/3).

Bambang menjelaskan, kebijakan yang harus dievaluasi adalah seperti mengenai penangkapan ikan dengan menggunakan jaring yang dilarang, segala transhipment dilarang, serta perusakan lingkungan akibat kebijakan penembakan kapal yang berdampak pada ekosistem laut.

"Seharusnya Menteri Susi bisa menerima masukan dari para nelayan agar kebijakan yang diambil berguna untuk meningkatkan jumlah tangkap ikan, bukan malah membuat susah nelayan," ujar Bambang.

"Pemerintah Jokowi mengatakan akan menjadikan Indonesia sebagai negara maritim, akan tetapi buktinya kebijakan yang diambil bukan menunjukkan diri sebagai negara maritim, tetapi hanya menjadikan itu sebagai slogan belaka yang menyusahkan para nelayan. Perlu ada bukti untuk mewujudkan ini, ke depannya bukan hanya janji saja," demikian Bambang.[ian/rm]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...