Demo-Demo Tuntut Meneg BUMN Rini Sumarno Mundur, harus jadi Renungan Jokowi !

JAKARTA- Demo-demo atas Rini Sumarno harus jadi renungan. Solidaritas Untuk Gerakan Aktifis Indonesia (Suropati) geruduk Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat.

Suropati menuntut agar Rini Sumarno yang kini menjabat sebagai Menteri BUMN  dipecat.

 

"Rini Sumarno adalah keluarga dari Ari Sumarno mantan Dirut Pertamina yang telat merugikan Negara hingga 277 miliar. Sekarang ini keluarga Sumarno kembali masuk dalam pemerintahan Jokowi - JK," kata kordinator lapangan aksi Suropati, Ibrahim Mansur, di Jakarta, Jum'at (28/11).

 

Selain itu, kata Ibrahim, Rini merupakan bagian dari tiga menteri yang ditudingnya sebagai antek mafia migas bermazhab neolib yang menyebabkan naiknya BBM bersubsidi. 

 

"Rini Sumarno (BUMN), Sofyan Jalil (Menko Prekonomian) dan Sudirman Said (ESDM). trio ini adalah neolib, liberalis sektor energi dan migas. Jadi tiga menteri ini memang harus dicopot," tuturnya.

 

Keadaaan itu diperparah dengan minimnya upaya pemerintah untuk menekan laju konsumsi BBM di masyarakat. Misal, dengan membatasi jumlah kendaraan pribadi. 

 

Artinya, kata dia, kenaikan BBM bukan untuk mengurangi pemborosan BBM. Tapi malah membuat SPBU dari luar meraup keuntungan dari kondisi sekarang.

 

"Bukan pertamina yang untung, ini untuk kepentingan asing. Seperti Shell, Petronas dan yang lainnya yang meraup keuntungan dari kenaikan BBM ini. Karena banyaknya masyarakat yang beralih mengonsumsi minya milik perusahaan minyak asing tersebut." 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...