10 December 2018

Debat Rizal Ramli-Sri Mulyani soal Utang, Jokowi Diharapkan Jangan Cuma Seolah Plonga-Plongo

KONFRONTASI- Keberanian dan keterbukaan  mantan Menteri Kordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli untuk membongkar utang Negara era Jokowi menarik perhatian publik. Dan beban utang itu juga tanggung jawab Jokowi sendiri, bukan semata Sri Mulyani, pembantunya, sebab Jokowi tak bisa hanya diam saja, tak elok dan tak etis kalau hanya seolah plonga-plongo atas kegagalan ekonomi tiga tahun ini. Kita ingin Presiden mencari solusi atas problem utang yang menumpuk ini.

Demikian pandangan peneliti Edward Andrea dari Lembaga Studi Strategi (LS2) Jakarta.

''Debat itu menarik, tapi Jokowi diharapkan jangan cuma  terdiam atau seolah plonga-plongo sebab utang era Jokowi adalah tanggung jawab dirinya selaku presiden, sebab dia tak bisa bersikap acuh tak acuh atau semacam  ''emang gue pikirin''  akibat kelemahan kapasitasnya sebagai penguasa. Tidak hanya mengkritik pemerintah, Rizal  Ramli pun menyatakan siap berdebat dengan  Menteri Keuangan Sri Mulyani  dan juga berdebat dengan Jokowi-JK untuk adu argumentasi dan data tentang utang negara  dan ekonomi tiga tahun ini yang dilakukan pemerintahan Joko Widodo,'' kata Edward.

Sri Mulyani sebagai pembantu Presiden Jokowi harus berani bicara di depan publik secara terbuka mengenai utang negara yang dilakukan pemerintah saat ini. Sebab, Sri Mulyani sebelumnya pernah menantang para pengkritiknya untuk adu data mengenai utang negara (Menkeu).

Merasa tertarik dengan isu bongkar utang negara, Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) menyatakan siap mempertemukan Rizal Rami dengan Sri Mulyani. Dan organisasi mahasiswa tersebut pun berencana menggelar debat khusus membahas utang negara dengan menghadirkan Rizal Ramli dan Sri Mulyani.

"KAMMI siap menggelar debat terbuka untuk secara khusus membahas tentang utang negara. KAMMI akan mempertemukan Rizal Ramli dan Sri Mulyani agar kedua ekonom itu berdebat secara sehat dan adu argumentasi secara sehat,” kata  Ketua Bidang Kebijakan Publik PP KAMMI Abdussalam di Jakarta, Jumat (27/4).

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...