Bu Risma Bagikan Tips Kurangi Polusi Udara yang Bisa Dicontoh Jakarta

Konfrontasi - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini berbagi cara mengurangi polusi udara. Seperti Jakarta, Surabaya juga menghadapi masalah polusi udara selayaknya kota besar.

Hal itu disampaikan Risma dalam diskusi Indonesia Millenial Summit di Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020). Risma mengatakan untuk mengimbangi polusi udara, dirinya memperbanyak pohon dan memperluas ruang terbuka hijau di Surabaya.

"Saya tambah pohon terus, makanya Surabaya seperti hutan, di tengah kota banyak pohon," ujarnya.

Risma mengatakan dirinya tak bisa melarang warga Surabaya untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor. Menurutnya penggunaan kendaraan bermotor bisa memicu pertumbuhan ekonomi.

"Alhamdulillah penghijauan yang dilakukan bisa memperbaiki kualitas udara kota dan tidak mengganggu pertumbuhan ekonomi Surabaya yang melebihi rata-rata nasional," ujarnya.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong yang juga hadir dalam acara tersebut memuji langkah Risma tersebut. Menurutnya upaya penghijauan terbukti efektif melawan polusi udara.

"Contoh baik tersebut mendorong masyarakat dan pemda untuk mengelola hutan kota dan kawasan hijau secara baik. Karena ada istilah hutan is not my place but hutan is my home, forest is my home," katanya.

Alue mengatakan pemerintah pusat hingga kini terus menggalakkan rehabilitasi hutan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Termasuk dengan program perhutanan sosial yang melibatkan masyarakat adat dan lokal dalam pengelolaan hutan. (inws/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...