BMKG Perkirakan Seluruh Daratan Bangka Belitung Berpotensi Diguyur Hujan

Konfrontasi - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan seluruh wilayah daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, Senin (9/10).

"Bahkan beberapa wilayah juga berpeluang dilanda hujan yang disertai petir, terutama pada pagi, siang dan dini hari," ujar prakirawan dari BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Slamet Supriyadi, Minggu (8/10/2017).

Hujan dengan intensitas ringan dan sedang berpeluang terjadi secara merata di seluruh wilayah daratan, sedangan hujan petir dapat terjadi di Kota Pangkalpinang, kemudian di Koba dan Sungaiselan Kabupaten Bangka, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung, serta di Manggar Kabupaten Belitung Timur.

"Karena itu kami mengimbau warga agar senantiasa berhati-hati dan menghindari beraktivitas di tempat-tempat terbuka pada saat turun hujan," katanya.

Kecepatan angin di daratan sendiri diprakirakan pada kisaran 10 hingga 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 31 derajat celsius dan kelembaban udara 60 hingga 100 persen.

Pada bagian lain BMKG Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Senin relatif normal.

Ketinggian gelombang signifikan diprakirakan maksimal hanya 0,75 meter dan relatif aman untuk pelayaran dan juga untuk aktivitas melaut.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan antara 8 hingga 37 kilometer per jam yang rata-rata bergerak dari Timur ke Selatan.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang juga mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung yang dapat mencapai 2,13 meter.

Sementara itu ketinggian pasang air laut di pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan sekitar 1,86 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,89 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,75 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,24 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,26 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka 1,16 meter. (ant/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...