Besok, Masjid Istiqlal Sembelih 21 Ekor Sapi dan 15 Ekor Kambing Kurban

Konfrontasi - Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, baru akan melaksanakan pemotongan hewan kurban pada Sabtu (1/8/2020) besok atau satu hari setelah Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Ketua Panitia Kurban Masjid Istiqlal Abu Hurairah menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 36 hewan kurban yang akan dipotong Sabtu besok.

Dua di antaranya merupakan hewan kurban milik Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, yakni sapi bernis peranakan ongole (PO) dengan berat di atas 1 ton.

"Sampai saat ini itu, sapi 21 ekor dan kambing 15 ekor. Termasuk juga yang punya Pak Presiden dan Wapres," ujarnya saat dihubungi, Jumat (31/7/2020).

Menurut Abu, pemotongan hewan kurban di Masjid Istiqlal Sabtu besok akan dimulai dari pukul 08.00 WIB dan dilakukan secara tertutup.

Masyarakat tidak diperkenankan untuk datang ke Masjid Istiqlal pada saat pemotongan guna mencegah terjadinya kerumunan dan memastikan protokol kesehatan Covid-19 tetap berjalan.

"Warga tidak boleh. Ini kita terbatas sekali, karena sesuai dengan aturan protokol kesehatan ya ketat sekali," ungkapnya.

Abu memastikan bahwa tidak ada pembagian daging kurban secara langsung di kawasan Masjid Istiqlal.

Daging kurban akan didistribusikan kepada para mustahik akan dilakukan melalui pihak penyalur yang sudah bekerja sama dengan Masjid Istiqlal.

"Distribusi jadi tahun ini pendistribusiannya sama persis seperti tahun-tahun sebelumnya," ungkapnya.

Abu menambah, pada Idul Adha tahun ini pihaknya tidak hanya mendistribusikan daging. Tetapi juga hewan kurban dalam keadaan hidup ke sejumlah lokasi.

"Sekitar tiga ekor sapi. Itu didistribusikan ke Pusat Studi Al-Qur'an, sama Perguruan Tinggi Al-Qur'an dan Yayasan Al Itrisiah di wilayah Jawa Barat," kata Abu. (kcm/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...