Berjarak 200 Meter dari Pemukiman, Karhutala di Palangka Raya Bikin Warga Cemas

Konfrontasi - Api membakar lahan gambut dan semak belukar di Komplek Perumahan Unkrip, Jalan RTA Milono, Kecamatan Sebangau, Kabupaten Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Minggu (13/10/2019) siang. Beruntung petugas bersama dua buah mobil water canon dan damkar tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman.

Dua mobil untuk memadamkan api ini datang bersama petugas TAGANA, kepolisian dari Brimob dan Sabhara Polda Kalteng. Warga yang rumahnya hanya berjarak sekitar 200 meter dari lokasi kebakaran was-was jika rumah mereka ikut terbakar.

Menurut warga, api pertama kali berkobar dari bagian belakang perumahan sekitar pukul 10.00 WITA. Api dengan cepat menjalar mendekati pemukiman warga akibat tiupan angin kencang dan lahan yang kering.

“Awalnya api muncul dari belakang, kita takut kalau api merembet sampai ke pemukiman,” kata Hardian, salah satu warga yang rumahnya tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Hingga siang tadi, petugas masih berada di lokasi kebakaran untuk melokalisir api agar tidak menjalar ke areal pemukiman warga. Hingga saat ini, belum diketahui apakah kebakaran ini disengaja atau murni karena alam.

Namun menurut petugas kebakaran, lahan ini merupakan rembetan dari lahan yang sebelumnya terbakar. (inws/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...