Bencana Asap Terus Berulang, Menko Rizal: Kita Perlu Berpikir 'Out of The Box'

KONFRONTASI-Bencana kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan kabut asap yang parah sesungguhnya merupakan kejadian yang terus berulang dari tahun ke tahun.

‎Menyoroti hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli, meminta pejabat terkait yang mengurusi masalah hutan sudah seharusnya berpikir di luar pakem, artinya perlu adanya ide out of the box untuk bisa mengatasi masalah asap ini. Pasalnya, dampak dari asap ini tidak hanya merugikan rakyat sendiri namun juga sampai ke negara tetangga.

"Perlu berpikir out of the box. Berpikirnya unconvensional. Kalau kita pecahkan masalah secara biasa malah semakin kusut. Maka kita harus berpikir di luar cara biasa," ujar Rizal, saat menghadiri diskusi soal energi yang diadakan oleh Universitas Diponegoro, Rabu (7/10).

Tak hanya soal asap, Rizal juga mengungkit permasalahan energi bahwa ini. Rizal mengatakan, Indonesia tidak pernah membahas dengan serius soal energi. Pemerintah masih sibuk dengan permasalahan jangka pendek.

"Kita disibukan dengan masalah jangka pendek dan respons adhoc dan tidak pernah berpikir solusi. Tidak ada scenario building," ujarnya.

Ke depan, Rizal meminta kepada Menteri terkait untuk bisa membuat kebijakan yang skalanya jangka panjang.[mr/rol]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...