Belum Ada Tambahan Jadwal Penerbangan di Bandara Hang Nadim Jelang Imlek

Konfrontasi - Pengelola Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, menyatakan belum ada maskapai yang mengajukan tambahan penerbangan menjelang Hari Raya Imlek 19 Februari 2015.

"Belum ada maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan menghadapi kenaikan jumlah penumpang menjelang Imlek khususnya ke Pontianak dan Bangka Belitung," kata Plt Kepala Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Sabtu (31/1).

Suwarso mengatakan, biasanya menjelang Imlek selalu ada penambahan penerbangan untuk dua rute tersebut karena banyaknya jumlah warga yang akan pulang kampung untuk merayakan hari besar masyarakat Tionghoa tersebut.

Saat ini untuk rute Batam-Pontianak dilayani oleh Maskapai Lion Air dengan Boeing 737-800, sementara untuk tujuan Pangkal Pinang dan Tanjung Pandan di Provinsi Bangka Belitung dilayani oleh Wings Air dengan pesawat jenis ATR72-500 masing-masing satu kali sehari.

"Untuk rute lain seperti Jakarta, Surabaya biasanya juga ada penambahan penumpang saat Hari Raya Imlek meski tidak signifikan," kata Suwarso.

Hingga 31 Januari 2015, kata Suwarso, masih memasuki masa low season dimana sejumlah maskapai justru mengurangi frekuensi penerbangannya karena minimnya jumlah penumpang. Kondisi tersebut diperkirakan akan terus terjadi hingga pertengahan Februari atau sepekan sebelum Hari Raya Imlek.

Maskapai yang mengurangi frekuensi penerbanganya dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam adalah Lion Air, Citilink dan Sriwijaya Air.

Dalam satu bulan terakhir Lion Air sering mengurangi frekuensi penerbangan dari Batam ke Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, dan Pekanbaru. Maskapai dengan lambang kepala singa tersebut juga beberapa kali membatalkan penerbangan ke Semarang. (cptr)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA