24 January 2020

Bambang KPK: Hasto Bela Budi Gunawan

KONFRONTASI - Wakil Ketua KPK, Bambang Widjajanto mempertanyakan tudingan Plt Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto bahwa Ketua KPK Abraham Samad kerap bertemu elit partai politik jelang Pilpres 2014 kemarin.

Dengan pernyataannya tersebut, Hasto seakan-akan sedang menunjukkan pembelaannya terhadap terhadap Komjen Budi Gunawan yang ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus gratifikasi. 

"Saya sedang berpikir panjang, apakah Hasto telah mendapatkan surat kuasa untuk menjadi lawyer-nya BG. Karena sesungguhnya dia sedang melakukan pembelaan terhadap BG," terang Bambang  Kamis (22/1).

Siang tadi, Hasto membeberkan pertemuan dirinya dengan Samad menjelang pilpres untuk membahas posisi Samad sebagai cawapres mendampingi Jokowi.

Menurut Hasto, soal inilah yang mendasari KPK dan Samad menjegal Komjen Budi Gunawan menduduki kursi Kapolri. Komjen Budi Gunawan saat itu membantu Jusuf Kalla merapat ke Jokowi.

BW tekankan, bahwa pemikiran Hasto tidak benar. Sebab, untuk menentukan seseorang menjadi tersangka di KPK, bukan menjadi keputusan Abraham Samad pribadi.

"KPK punya sistem yang tidak bisa diintervensi oleh seorang ketua sekalipun di bidang penindakan. Termasuk, penetapan tersangka," tandas bekas Ketua YLBHI ini.[ian/rm]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...