24 June 2018

Angkat Sri Mulyani Srikandi Centurygate ke dalam Kabinet, Jokowi Dianggap Moral Hazard dan Khianati Rakyat

JAKARTA- Jokowi dianggap rakyat dan relawan sebagai pengkhianat kalau menarik Sri Mulyani ke dalam Kabinet karena Sri Mulyani tidak bersih dan tidak kredibel serta kena ''moral hazard'' skandal Century. Sri Mulyani adalah aktor utama Centurygate bersama Boediono, yang kini wapres.

Bahkan Politisi Partai Golkar, Bambang Soesatyo, mengatakan bahwa Koalisi Merah Putih akan menolak keras jika presiden terpilih Joko Widodo mendapuk Sri Mulyani Indrawati sebagai salah satu menteri dalam kabinetnya. Menurut Bambang, Sri Mulyani masih memiliki persoalan hukum dan tak sejalan dengan semangat Trisakti yang digaungkan Jokowi.

"Kalau benar ada Sri Mulyani dalam kabinet, itu akan dapat perlawanan kuat dari Koalisi Merah Putih," kata Bambang, di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (13/10/2014).

Bambang menjelaskan, posisi Sri Mulyani yang saat ini menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia sangat riskan jika dimasukkan dalam kabinet pemerintahan. Ia menilai, pemerintahan Jokowi akan kental dengan campur tangan asing karena posisi Sri Mulyani di Bank Dunia tersebut.

Dalam posisi ini, kata Bambang, Jokowi seharusnya tertantang untuk mewujudkan kabinet pemerintahan yang mampu mencerminkan semangat Trisakti. Lebih jauh, Sri Mulyani dianggap berpotensi menjadi tersangka dalam skandal Bank Century.

"Kami khawatir Jokowi terjerat utang tinggi (pada luar negeri) seperti yang terjadi di era Presiden SBY. Kami tantang Jokowi tentang Trisakti dan revolusi mental," ujarnya.

Bila bohong terus, rakyat siap menjegal presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) jika dirinya tidak memenuhi janji-janjinya kepada rakyat selama kampanye kemarin. Karena, dalam negara demokrasi rakyat yang memegang kedaulatan negara. Sehingga presiden memiliki tanggung jawab penuh kepada rakyatnya.

Hal itu dikatakan Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti dalam diskusi yang bertajuk “Politik Bohong dan Jegal-Jegalan: Mampukah Jokowi Bertahan?” di Menteng Huis, Jakarta, kemarin. (k)

Category: 
Loading...