2 April 2020

Anas Dipindah ke Sukamiskin, Pendukung Siapkan Konvoi Jakarta-Bandung

KONFRONTASI - Mantan Ketua Umum PB HMI, Anas Urbaningrum akan dipindahkan dari Rutan KPK ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Senin (15/6).

Informasi pemindahan Anas tersebar luas melalui pesan berantai Blackberry Massanger, Minggu malam (14/6). Tidak ada nama sumber pemberi informasi, namun nampak jelas pesan tersebut dibuat oleh pendukung Anas.

"Mari kita berikan support kepada beliau (Anas) menghadapi kezaliman dan kesewenangan hukum," begitu isi pesan berantai tersebut.

Di dalam pesan itu juga disebutkan akan dilaksanakan acara penyambutan Anas di Lapas Sukamiskin. Sejumlah acara yang sudah dipersiapkan antara lain, launching 'Petisi Keadilan untuk Semua' dan konsolidasi jaringan pendukung Anas.

Akan ada konvoi pendukung Anas dari Jakarta ke Bandung. Para pendukung yang akan ikut konvoi diharapkan berkumpul di masjid Al Bina, pukul 09.00 Gelora Bung Karno, Senayan.

"Harap membawa baju ganti untuk mengantisipasi KPK memundurkan jadwal pengiriman Anas," begitu bagian lain dari isi pesan tersebut.

Anas ditahan di Rutan KPK saat masih berstatus terangka pada pekan kedua Januari 2014. Pengadilan Tipikor Jakarta memvonis Anas 8 tahun penjara karena dinilai terbukti melakukan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah dari sejumlah proyek-proyek pemerintah dan tindak pidana pencucian uang. Vonis tersebut 7 tahun lebih ringan dari tuntutan KPK.

Di tingkat banding, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta mengurangi hukuman Anas menjadi 7 tujuh tahun.

Hukuman terhadap Anas diperberat oleh hakim di tingkat kasasi. Majelis hakim agung yang diketuai Artidjo Alkostar dengan hakim anggota Krisna Harahap dan MS Lumme memperberat hukuman badan terhadap Anas menjadi 14 tahun penjara.

Dalam putusan yang dikeluarkan hakim MA pekan lalu, Anas juga divonis harus membayar uang pengganti sebesar Rp 57 miliar kepada negara. Apabila uang pengganti tidak dilunasi dalam waktu 1 bulan maka seluruh kekayaannya akan disita dan dilelang untuk negara. Jika masih belum cukup juga, maka diganti dengan pidana penjara selama 4 tahun.[rm]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...