Analis: Dosen UI Mestinya Ngajar Di Kampus, Bukan Metro TV

Konfrontasi - Maraknya para Dosen UI dalam mendukung capres-cawapres tertentu, menuai kritik dari Analis Politik Forum Integensia Bebas, Fathor Rasi.  Sebut saja misalnya, Andrinof Chaniago (dosen UI), Anggota dewan etik Persepi itu  pendiri Cirus Surveyors Group yang tercatat sebagai anggota tim pakar Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). Hamdi Muluk (gurubesar UI) yang juga anggota dewan etik Persepsi pun, bukan rahasia lagi, sudah disebut-sebut memiliki kedekatan dengan pasangan capres-cawapres nomor urut 2 (jokowi-JK), termasuk yang lainnya seperti Boni Hargens yang sering melontarkan kritik pedas terhada Prabowo Subianto.

Fathor menilai, tampilnya para dosen di layar televisi tidak bisa lepas dari institusi pendidikan (kampus) tempat mereka mengajar, apalagi media massa yang  mengutip komentar-komentar mereka menyebutkan profesi dan institusinya.  Menurutnya publik sangat mudah mengenal para dosen-dosen termasuk profesi dan tempat dimana mereka beraktivitas, apalagi, lanjut Fathor, mereka-mereka mengajar di salah satu kampus yang memiliki reputasi yang baik di Indonesia.

"Jangan sampai ada kesan para dosen UI tersebut tidak betah lagi di kampus dengan sering tampil di televisi utamanya Metro Tv. Berbahaya jika kemudian kesan yang muncul mereka hanya mau ngajar di Metro Tv bukan UI. Apalagi sebagian dari mereka sampai adu urat saraf dalam berargumen, bahkan terkesan menyudutkan Capres tertentu. Mereka harus kembali ke kampus sebab mereka memiliki tanggung jawab akademis, selain harus tetap menjaga netralitas kampus itu," katanya kepada Konfrontasi Sabtu (12/7) malam. (bdr)

      

 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...