Air Sungai Serang Meluap, Sumber Air Bersih Warga Boyolali Tercemar

Konfrontasi - Warga Dukuh Kedungsari, di Kemusu Kemusu, Boyolali mengalami krisis air bersih. Air sumur mereka tercemar dan keruh terdampak banjir besar Sungai Serang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali melakukan droping air bersih kepada kampung di wilayah Boyolali Utara tersebut. Di dukuh tersebut, ada 105 Kepala Keluarga yang terdampak banjir sungai Serang.

"Iya, karena air di sumur kotor karena banjir. Maka kita dorong air bersih ke sana," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Boyolali, Rabu (18/3/2020).

Hujan deras mengguyur wilayah Boyolali dan hampir merata tadi malam hingga tadi pagi. Hujan tersebut berdampak pada kejadian tanah longsor di beberapa tempat dan banjir di sungai Serang. Sungai Serang tak mampu menampung debit air yang banyak sehingga meluap membanjiri perkampungan penduduk.

Banjir di sungai yang bermuara di Waduk Kedungombo itu pun meluap dan menggenangi pemukiman penduduk di dekatnya. Yakni di Dukuh Kedungsari, Desa Kemusu, Kecamatan Kemusu.

Di Dukuh Kedungsari terdapat 105 rumah yang terendam. Banjir juga membawa lumpur dan masuk ke sumur-sumur milik warga. Akibat kejadian itu, satu rumah rusak berat dan satu kandang hanyut.

"Siang hari ini tadi kami melakukan droping air bersih sebanyak dua truk tangki, semoga bermanfaat," imbuh dia.

Banjir sungai Serang itu juga menggenangi Dukuh Karangboyo, Desa Banyusri, Kecamatan Wonosegoro, Boyolali. Dilaporkan, sebanyak 8 rumah warga terendam.

Kemudian di Dukuh Jambean Desa Karangjati Kecamatan Wonosegoro, terjadi tanah longsor. Sebanyak lima rumah warga terkena dampaknya. Dua rumah yang dihuni tiga keluarga harus direlokasi. Dua rumah lainnya terpaksa dibongkar karena kondisi sangat kritis dan membahayakan jika terus dihuni. Banjir di sejumlah dukuh itu saat ini sudah surut.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Boyolali, Bambang Sinungharjo, mengatakan pihaknya masih terus melakukan pendataan terkait dampak hujan deras yang terjadi semalam. Pihaknya juga langsung menyalurkan bantuan logistik ke lokasi bencana. (dtk/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...