Air Asia Mungkin Tenggelam Di Dasar Laut Babel

Konfrontasi - Pencarian pesawat Air Asia QZ 8501 diyakni tenggelam di perairan antara Bangka Belitung dan Kalimantan Barat. Titik koordinat pesawat terakhir kali terdeteksi oleh ATC Bandara Soekarno-Hatta.

"Karena koordinat yang diberikan ke kami (Basarnas) berada di laut. Dugaan sementara pesawat itu ada di dasar laut. Bisa berkembang nanti sesuai operasi pencarian," ujar Kepala Basarnas, Marsdya TNI F Henry Bambang Sylistyo, di Jakarta, Senin (29/12/2014).

Jika pesawat tersebut benar berada di laut, maka ada kendala lain dalam mencari posisinya. Ini karena, teknologi yang dimiliki Basarnas tidak optimal untuk melakukan pencarian material hingga ke dasar laut. Diketahui, kedalaman di perairan Bangka Belitung mencapai 25 sampai 50 meter.

"Kemampuan alat kami ini masih kurang optimal, tapi kami dibantu dengan kapal milik BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) yang punya sistem sonar, yang bisa menjaring benda-benda bawah laut," tambah Kabasarnas.

Kendala lain yang bakal dihadapi, sambung Kabasarnas, adalah proses evakuasi bila pesawat sudah ditemukan. "Kesulitan kami berikutnya adalah mengevakuasi badan pesawat ke atas permukaan. Kami belum punya alatnya," pungkasnya.

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA