Ahok: Penerimaan Zakat, Infak, Sodaqoh Harus Melewati Sistem Transfer Bank

KONFRONTASI - Plt Gubernur DKI, Ahok berharap kedepan penerimaan zakat, infak, sodaqoh maupun amal sosial melalui sistem transfer bank. Sehingga uang ‘kemanusiaan’ ini dapat tepat sasaran.

Tidak hanya itu melalui sistem perbankan Pemprov DKI bisa melakukan koneksi data dengan program yang berhubungan dengan warga tidak mampu. Misalnya seperti dengan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

“Kalau ada satu orang yang sama, jadi dia tidak bisa buka rekening serupa. Lebih baik disatukan, lama-lama kita bisa mengontrol semua orang yang miskin yang kurang beruntung ini dicocokan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS),” kata Ahok pada acara Peduli Ramadan 2014 bertajuk “Kemenangan dan Rahmat Semua Umat” yang digelar di Istora Senayan, Selasa (15/7)

Ia mengatakan, zakat dan infak seperti yang dilakukan saat ini sebaiknya memang digabungkan dengan data sosial, sekolah, dan kesehatan agar Pemprov DKI dapat mengetahui jumlah warga miskin secara riil.

“Kita bisa selesaikan dengan baik. Saya mau semuanya di bank, karena penyimpanan yang baik itu di bank,” katanya.

Namun, Ahok mengaku, penerapan sistem transfer bank dalam penerimaan  zakat, infak, shadaqah, maupun amal sosial baru dapat diterapkan secara bertahap.

“Saya tugaskan sistem seperti itu, tak mau pakai amplop-amplopan lagi. Kita juga tidak tahu isinya berapa. Kalau ada oknum nakal yang nyolong bagaimana,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama Ahok menyalurkan zakat sebesar Rp25 juta .”Pak Ahok, amal sosial tahun ini bertambah kalau dibandingkan tahun lalu. Dari Rp20 juta jadi Rp25 juta,” kata pembawa acara Peduli Ramadhan 2014, Cak Lontong di Istora Senayan.

Pada kesempatan ini, Ahok juga menyerahkan penghargaan kepada petugas operasional berprestasi. Seperti Pemkot Jakarta Selatan, Kecamatan Setiabudi, Kelurahan Kuningan Timur, dan Dinas Pelayanan Pajak DKI.

Hadir dalam acara ini sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta , direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) turut serta menyalurkan zakat melalui Bazis DKI.(Juft/Pkt)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...