Ahok Berang Disebut Gubernur Reklamasi

kKONFRONTASI - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok protes mendapat julukan "gubernur reklamasi".

Ahok beralasan bahwa dirinya bukan gubernur pertama yang mengeluarkan kebijakan reklamasi.

Adalah Gubernur ke XI DKI Jakarta, Ali Sadikin (periode 1966-1977) yang telah lebih dulu melakukan reklamasi Ancol di Jakarta Utara.

"Ancol kamu kira bukan reklamasi? Batas laut Ancol, kali yang di jalan layangnya itu batas laut, semua reklamasi. Kalau begitu, siapa gubernur reklamasi? Ali Sadikin sebetulnya," ujar Ahok di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (20/4).

Menurut dia, sebetulnya reklamasi hal yang lumrah. Beberapa kawasan di utara Jakarta, semisal kawasan Pluit, Ancol, Kalibaru, Pelabuhan Nizamzaman, dan Muara Angke merupakan hasil reklamasi dari zaman dahulu.

Maka dari itu, untuk menindaklanjuti reklamasi di Teluk Jakarta, ia telah bersepakat dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk mengkaji kembali keseluruhan terkait reklamasi 17 pulau di Tleuk Jakarta, termasuk Analisis Dampak Lingkungan.

"Pertemuan kami kemarin juga bukan berarti anti reklamasi. Bukan juga mengatakan gubernur salah memberikan izin. Malah memutuskan semua izin reklamasi malah haknya gubernur," kata mantan Bupati Belitung Timur tersebut.[ian/rm]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...