Agus Andrianto Jabat Kabareskrim Gantikan Listyo Sigit

KONFRONTASI-Komisaris Jenderal Agus Andrianto menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri mulai hari ini. Agus menggantikan Listyo Sigit Prabowo yang telah menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Nama Agus dikenal publik sejak 2016. Saat itu, ia menangani kasus penodaan agama yang menyeret mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Agus kala itu menjabat Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri. Ia sering jadi sorotan saat kasus bergulir.

Sementara itu, karier Agus di kepolisian dimulai pada 1990 saat bergabung dengan Polres Dairi, Sumatera Utara. Sebelumnya, Agus menempuh pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) dan lulus pada 1989.

Awal karier Agus banyak dihabiskan di Sumatra. Ia pernah menjabat Kapolsek Sumbul, Kapuskodalops Polres Lampung Selatan, sampai Kasat Serse Poltabes Medan.

Pria kelahiran Blora, Jawa Tengah 16 Februari 1967 itu mulai berdinas di Pulau Jawa pada 2001. Saat itu, Agus ditugaskan di Polda Jawa Timur.

Lima tahun kemudian, ia ditarik ke Ibu Kota untuk berdinas di Polda Metro Jaya. Dia sempat menjabat Kapolres Tangerang dan Kapolres Metro Tangerang.

Agus juga sempat menduduki kursi Direskrimum Polda Sumatera Utara sebelum direkrut ke Bareskrim Polri. Ia juga pernah ditugaskan sebagai Direktur Psikotropika dan Prekursor Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 2015.

Pada 2016, ia menjabat Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri. Tak lama setelah menangani kasus Ahok, Agus naik jabatan jadi Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara.

Tahun berikutnya, Agus kembali naik jabatan jadi Kapolda Sumatera Utara. Kemudian, ia didapuk jadi Kabaharkam Polri. Agus menggantikan Komjen Firli Bahuri yang terpilih sebagai Ketua KPK.

Nama Agus santer dikaitkan dengan jabatan Kapolri. Ia beberapa kali masuk dalam bursa calon Kapolri pengganti Idham Azis.

Ia juga jadi salah satu kandidat kuat kapolri pada awal tahun ini. Namun, Presiden Joko Widodo mengajukan Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri. Kemudian, Listyo lah yang jadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara.[MR/CNN]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...