19 September 2019

Abu Bakar Baasyir Harusnya Bebas Bersyarat 23 Desember 2018

KONFRONTASI- Ketua Dewan Pembina Tim Pengacara Muslim dan kuasa hukum Ustaz Abu Bakar Baasyir, Mahendradatta, mengatakan pada tanggal 23 Desember 2018 Ustaz Baasyir sebenarnya berhak atas pelepasan bersyarat karena telah menjalani 2/3 masa hukuman dan mendapat banyak remisi. Dan selama ini dia sering dapat remisi misalnya tanggal 17 Agustus dan Idul Fitri.

Remisi pun bervariasi dari satu bulan hingga tiga bulan. ''Ini memang mungkin amnesti, tapi itu belum jelas. Soal grasi tidak mungkin karena ustaz tidak bersedia mengaku bersalah. Walau apa pun itu bentuknya saya ucapkan terima kasih. Sekarang yang penting bisa pulang dan memperbaiki kesehatannya,'' kata Mahendradatta, di Jakarta, (17/1)

Abu Bakar Baasyir

 

Mahendra tidak bersedia menjelaskan apa dasar ustaz Basyir dibebaskan. Karena itu wewenangnya selaku kuasa hukum. Itu wewenang. ''Saya tak tidak tahu pembebasan ini politisi apa hukum. Yang penting ustaz bisa pulang.''

Mahendra mengatakan Baasyir memang tidak bersedia menandatangani dokumen apa pun yang terkait pembebasannya. Bahkan, dia mengatakan kalau dipaksa menandatangani, maka memilih tetap berada dalam penjara. ''Beliau tidak pernah mengakui bersalah. Kalau hanya soal menandatangani pelepasan, beliau bisa. Itu karena syarat teknis. Ini gak masalah. Jadi bila diartikan begitu maka akan tolak,'' katanya.

Menurut Mahendradatta, Baasyir dahulu dibawa ke persidangan dengan tuduhan mendanai pelatihan militer di Aceh. Dan ini diputuskan terbukti bersalah oleh pengadilan. ''Meski begitu kami tim pengacara menolak adanya putusan itu. Jadi itu ceritanya. Kasihan memang Ustaz Baasyir.''

Ini respon publik, netizen:
Setiap napi yg sdh menjalani 2/3 masa tahanan.. berhak mendapat Pembebasan Bersyarat.. utk Abu sdh 9 thn menjalani masa hukuman..

Bila beliau dapat potong remisi tiap tahun 1 bulan (normal).. jadi sdh ada 9 bulan remisi...

Jadi 15 tahun kurang 9 bulan.. 14 tahun 3 bulan..

2/3 dari 14 th 9 bulan..=  9 tahun 3 bulan..

Apalagi bila tiap tahun dpt 2 bulan ..

Maka 9 tahun x 2 bulan. = 18 bulan

Vonis 15 th kurang 18 bulan = 13 th 5 bulan

2/3 dari 13 th 5 bulan = 9 tahun

Jadi memang sdh waktunya hak Ust Abu utk dapatkan Pembebasan Bersyarat

Komentar dosen hukum UNDIP

[18/1 16.28] O: Pelepasan bersyarat itu memang hak terpidana..setelah menjalani 2/3 masa pidananya berturut2 atau sekurang2nya 9 bulan berturut...pertimbangannya adalah terpidana berkelakuan baik...jd tanpa campur tangan jokowi apalagi nasihat YIM baasyir memang sudah saatnya mendapatkan haknya sbg terpidana dgn jangka waktu tertentu...alasan kemanusiaaan yg dibilang sbg pertimbangan ga bener itu...wong emang itu hak terpidana

[18/1 16.29] O: Hanya org dungu yg berterimakasih atas hak yg memang seharusnya diberikan

[18/1 16.33] O: Ini pembodohan masyarakat...jokowi mengambil momentum politiknya seolah dia presiden hebat...intervensi eksekutif utk mencampuri eksekusi pelaku justru perbuatan bodoh...sementara aturannya memang hak baasyir utk mendapat lepas bersyarat.

 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...