22 Hari Bersih dari Covid-19, Dinkes Rembang Laporkan 1 Kasus Baru Covid-19

Konfrontasi - Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng), melaporkan kasus pertama pasien Covid-19, Minggu (24/5/2020). Kabupaten ini sempat dinyatakan bebas dari kasus corona selama 22 hari terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, Ali Syofii menjelaskan, pasien tersebut sebelumnya menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD dr R Soetrasno Rembang. Dari hasil tes swab yang disampaikan pada Minggu pagi, pasien dinyatakan positif Covid-19.

“Ya benar. Minggu pagi tadi, hasil pemeriksaan swabnya dari laboratorium keluar dan hasilnya positif Covid-19, “ kata Ali.

Pasien berusia 56 tahun ini berasal dari Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang. Dia semula mengalami demam disertai batuk dan sesak napas sejak tanggal 14 Mei 2020. Pasien sempat memeriksakan diri di Puskesmas Kaliori, setelah itu dirujuk ke RSUD dr R Soetrasno.

Kemudian, tanggal 21 Mei 2020, yang bersangkutan dirawat intensif di ruang isolasi. Pada awalnya pasien mengaku berprofesi sebagai petani, tapi belakangan juga menyampaikan bekerja menjadi sopir dan pernah mempunyai riwayat ke Jakarta.

“Kami kini fokus pada penelusuran siapa saja yang pernah kontak dengan pasien,“ ujar Ali.

Sementara itu, Kepala Seksi Informasi RSUD dr R Soetrasno Rembang, Tabah Tohamik ketika dikonfirmasi menyatakan pasien saat ini mendapat perawatan intensif. Pasien tersebut mendapatkan oksigen, infus dan terapi obat.

“Dengan penanganan ini, kita doakan muda-mudahan kondisi pasien lekas stabil,“ ujarnya.

Tabah menambahkan hingga Minggu sore, terdapat lima orang pasien di rumah sakit itu. Seorang positif dan empat orang lainnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

Sebelumnya, wilayah Kabupaten Rembang dinyatakan bebas dari pasien positif Covid-19 sejak tanggal 2 Mei 2020. Selama 22 hari berjalan, kini muncul lagi satu pasien positif corona. (inws/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA