16 October 2018

Panglima TNI: Al-Quran Pedoman Umat Manusia Dalam Mencapai Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

KONFRONTASI - Kitab suci Al-Quran merupakan wahyu Allah SWT yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril untuk dijadikan pedoman bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Maka sepatutnya kita sebagai umat Rasulullah SAW selalu memuliakannya dengan membaca, mengambil pelajaran dari isi AlQuran serta mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Demikian amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang dibacakan Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. pada acara peringatan Nuzulul Quran tahun 1439 H/2018 M, dengan tema “Dengan Hikmah Nuzulul Quran 1439 H/2018 M Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah SWT Sebagai Landasan Moral Dalam Melaksanakan Tugas Pokok TNI”, dihadiri prajurit dan PNS TNI beragama Islam, bertempat di Masjid Sudirman Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (6/6/2018).

Panglima TNI menyampaikan bahwa momen peringatan turunnya Al-Quran dan bulan suci Ramadhan hendaknya menjadi inspirasi penambah semangat umat muslim untuk memahami dan mengamalkannya. Menurutnya, sangat penting bagi umat muslim untuk tidak hanya membaca dan mengetahui artinya tetapi juga memahami ayat-ayat suci Al-Quran sebelum mengamalkannya.

Lebih lanjut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa pemahaman Al-Quran yang benar sangat penting bagi umat Islam, mengingat pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab berusaha menanamkan nilai-nilai yang sesungguhnya bertentangan dengan syariat Islam melalui pemahaman yang salah atas Al-Quran. “Ayat-ayat Al-Quran disalah tafsirkan untuk menanamkan intoleransi, radikalisme dan bahkan menghalalkan terorisme yang justru merusak kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Disisi lain, Panglima TNI menyampaikan bahwa disaat dunia yang semakin kompleks dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi, bangsa dan negara ini masih harus berhadapan dengan intoleransi, radikalisme dan terorisme. Energi yang seharusnya dapat digunakan untuk membangun, mengembangkan kemampuan sumber daya manusia, mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam justru terkuras untuk mengatasi permasalahan tersebut. “Kita tentu tidak ingin negeri yang indah dan kaya ini tercabik-cabik dan bahkan hancur sebagaimana daerah-daerah konflik di belahan dunia lain,” ungkapnya.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga mengingatkan bahwa prajurit TNI sebagai bagian dari komponen bangsa harus dapat mengajak umat Islam Indonesia untuk bersama-sama menggali dan mempelajari Al-Quran secara utuh, sebagaimana perintah Allah SWT untuk membaca yang diturunkan kepada Rasulullah SAW.

“Dengan semangat untuk memahami Al-Quran ini diharapkan wawasan dan cara pandang kita akan semakin luas dan kaya sehingga kita dapat menerapkan Islam yang rahmatan lil alamin, Islam sebagai rahmat bagi alam semesta,” pungkas Panglima TNI.[ian]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...