Keutamaan Surat Al-Insyirah

KONFRONTASI-Ketika Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم mengalami tekanan dan celaan dari orang-orang kafir Quraisy, Allah Ta'ala menurunkan surah ini untuk melapangkan hati beliau. Inilah surah yang menjadi penghibur Rasulullah صلى الله عليه وسلم sekaligus menguatkan hati beliau saat berdakwah di Makkah.

Surah Al-Insyirah (الانشراح) merupakan surah ke-94 dalam Al-Qur'an yang artinya 'kelapangan'. Surah ini disebut juga "Surah asy-Sarh" terdiri atas 8 ayat dan masuk golongan surah-surah Makkiyah setelah Surah Ad-Dhuha. Di dalam surah ini, Allah Ta'ala memuliakan Rasulullah dengan ayat yang berbunyi: "Wa Ro Fa'naa Laka Dzikrok (dan Kami tinggikan sebutan (nama) mu bagimu)." (Al-Insyirah Ayat 4).

Adapun Asbabun Nuzul Surah Al-Insyirah adalah sebagaimana diriwayatkan Ibnu Jarir terkait perjalanan dakwah Rasulullah صلى الله عليه وسلم di Makkah yang menghadapi kesulitan akibat tekanan dari kaum kafir Quraisy. Surah ini kemudian diwahyukan kepada Nabi Muhammad untuk menyemangati beliau agar tetap teguh dalam berdakwah.

Keutamaan Membaca Surah Al-Insyirah

Salam Kitab Khazinatul Asror, Syaikh Muhammad Haqqi An-Nazili mengungkapkan beberapa keutamaan membaca Surah Al-Insyirah:

1. Membaca Surah Al-Insyirah setelah salat fardhu lima waktu dapat memudahkan segala urusan, menghilangkan kesedihan dan mendatangkan rezeki dari jalan yang tidak diduga. Selain itu dapat menghilangkan rasa malas dalam beribadah dan menumbuhkan semangat dan optimisme dalam berusaha dan bekerja.

ن داوم على قراءتها دبر الصلوات الخمس يسر الله أمره وفرج همه ورزقه من حيث لا يحتسب

Artinya: "Barangsiapa membaca Al-Insyirah secara rutin setiap selesai shalat wajib, maka Allah akan memudahkan urusannya, menghilangkan kesusahannya dan Allah memberinya rezeki tanpa diduga-duga."

2. Membaca Surah Al-Insyirah seperti mendatangi Rasulullah صلى الله عليه وسلم dalam keadaan susah sehingga Rasulullah menjadi gembira. Sebagian ulama berkata bahwa membaca Surah Al-Insyirah dapat melapangkan dada, menghilangkan kesulitan dalam segala perkara, memperbaiki orang yang malas dalam beribadah dan bekerja. 

Surah Al-Isnyirah dan Artinya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

 

اَلَمۡ نَشۡرَحۡ لَـكَ صَدۡرَكَۙ

1. Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Muhammad)?

وَوَضَعۡنَا عَنۡكَ وِزۡرَكَۙ

2. Dan Kami pun telah menurunkan bebanmu darimu,

الَّذِىۡۤ اَنۡقَضَ ظَهۡرَكَۙ‏

3. Yang memberatkan punggungmu,

وَرَفَعۡنَا لَـكَ ذِكۡرَكَؕ

4. Dan Kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu.

فَاِنَّ مَعَ الۡعُسۡرِ يُسۡرًا

5. Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan,

اِنَّ مَعَ الۡعُسۡرِ يُسۡرًا ؕ‏

6. Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan.

فَاِذَا فَرَغۡتَ فَانۡصَبۡۙ

7. Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain),

وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ

8. Dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.

(mr/snd)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...