19 October 2019

Gapura Ramadhan Semarakkan Puasa di Minahasa

KONFRONTASI-Umat Muslim di Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulut menyemarakkan bulan puasa dengan mendirikan sejumlah gapura Ramadhan.

"Ini merupakan inisiatif para pemuda dan remaja masjid di desa Ratatotok Timur dan desa Ratatotok Muara dalam rangka pelaksanaan ibadah puasa," kata Cak Pudin tokoh pemuda di Kecamatan Ratatotok, Sabtu.

Selain gapura ramadhan, sejumlah lampu-lampu hias bernuansa ramadhan turut menghiasi dan tersebar di kedua desa tersebut.

"Seperti di Ratatotok Timur ada 165 lampu hias, dan di Ratatotok Muara ada 70 lampu hias bernuansa ramadhan ini. Dan ini memberikan nuansa yang beda dari tahun-tahun sebelumnya," ujar Pudin.

Lebih lanjut diungkapkan Pudin, beberapa kegiatan sudah dipersiapkan para pemuda di kedua desa yang tergabung dalam pemuda Jamaah Al Magfirah, Al Munawarah dan Al Arafah selama bulan puasa.

"Ada beberapa kegiatan lainnya yang sedang dipersiapkan selama bulan puasa ini, sampai pada puncak pelaksanaan pada acara hari raya ketupat mendatang," katanya.

Pudin menambahkan, beberapa kegiatan ini merupakan wujud dari pelestarian budaya di Minahasa Tenggara, khususnya pada bulan puasa.

"Ini juga merupakan tradisi yang kita laksanakan setiap tahunnya, dan sebagai simbol kebersamaan antar umat beragama di Minahasa Tenggara, khususnya di Kecamatan Ratatotok," tandasnya.[mr/rol]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...