19 September 2019

10 Riwayat Akhlak Rasulullah Saw: Menyikapi Intoleransi, Radikalisme & Terorisme Bukan Ajaran Islam

KONFRONTASI -   Nabi Muhammad adalah hamba Allah yang paling mulia akhlaknya. Banyak yang bisa kita teladani dari perilaku terpuji Nabi Muhammad. - Penyabar sekaligus pemaaf - Pemberani sekaligus lemah lembut - Dermawan sekaligus sederhana - Dan banyak lagi! Tema ini bagus untuk mengajarkan akhlak kepada anak-anak. - Membuat anak-anak semakin mengagumi Nabi Muhammad Saw.

  1. Pernah seorang arab badui menarik amat kasar jubah yg dipakai oleh Rosulullah SAW hingga berbekas dilehernya, Rasulullah SAW tidak marah, tersenyum serta menghadiahkan jubahnya kepada arab badui itu.
  2. Seorang yahudi tua selalu menyakiti Rasulullah SAW dgn meletakkan duri dan kotoran najis dijalan yg dilalui Rasullullah SAW, namun Rasullullah SAW tdk membalasnya, pada suatu ketika si yahudi tersebut sakit, Rasulullah SAW mengunjungi dan membawa hadiah kepadanya. Si yahudi tua itu ta'jub dgn akhlak Rasulullah SAW kemudian dia memeluk islam.
  3. Pernah suatu ketika seorang arab badui kencing di sudut masjid nabi, tetapi Rasulullah SAW tetep tenang dan berkata " Biarkan dia menuntaskan kencingnya" setelah selesai dari kencingnya, Rasulullah SAW sendiri yg menyiram najis itu kemudian barulah memberitahu /menasehati badui itu mengenai adab adab di masjid sehingga dia dan orang orang kampungnya masuk islam.
  4. rasululah SAW pernah di lihat oleh para sahabat sedang menggendong memeluk dan mencium cucunya.kemudian seseorang sahabat bertanya.ya rasululah!saya punya anak kecil dan cucu.tp saya tidak pernah saya gendong.peluk dan menciumnya ! Rasulullah SAW bersabda.barang siapa yg tidak menyanyangi, maka dia tdk akan di sayang oleh Allah SWT
  5. ketika Rasulullah SAW berdakwah di sertai anak angkatnya zaid bin haritsah di thaif beliau SAW di lempar batu oleh anak anak, pemuda, dan orang orang tua di thaif.akibat nya tubuh Rasulullah SAW berdarah .Melihat penganiayaan itu malaikat sangat marah sehingga menawarkan untuk menghancurkan penduduk thaif dengan menimpakan bukit-bukit  di sekitarnya tetapi Rosulullah SAW menolaknya dan berkata;”jangan , meraka tidak tahu saya ini Rasul Allah”, malaikat menjawab; “tuan benar”, setelah itu beliau berdoa untuk penduduk thaif; “ya allah berilah hidayah bagi kaumku penduduk thaif karena mereka tidak mengetahui”.
  6. Sewaktu hijrah kemadinah Rasulullah SAW telah di kejar dgn kuda oleh suraqah yg bercita cita merebut hadiah yg di tawarkan oleh kafir quraisy makkah jika dapat membunuh Rasulullah SAW, setiap kali kuda suraqah mendekati rasulullah SAW kuda dan suraqahnya tersungkur jatuh ke dasar bumi, Rasulullah SAW tdk bertindak apa apa rasulullah SAW memaafkannya dan akhirnya ruraqah menyerah dan berjanji tdk akan membunuhnya.
  7. Saat rasulullah  SAW pulang dari kabilah saqif, ada seorang lelaki yang memohon kepda beliau SAW “Wahai Rasulullah, berdoalah untuk kehancuran mereka” namun Rasulullah SAW tidak menuruti permintaan orang itu, malah Rasulullah SAW mendo’akan kebaikan pada kabilah saqif “Ya Allah berilah petunjuk kepada kabilah saqif dan kembalikanlah mereka ke jalan yang benar.
  8. Satu ketika seorang musuh dari kafir bernama Da’thur mendapati Rasulullah SAW  sedang istirahat,  ia terus melompat  dan meletakkan pedangnnya di leher Rasulullah SAW dan berkata “siapakah yang akan menyelamatkan nyawamu ya Muhammad, rasulullah spontan menjawab “Allah”, mendengar jawaban Rasulullah, Da;thur lemas hingga pedangnya jatuh , lalu Rasulullah SAW mengambil pedang itu dan bertanya “kali ini siapa yang akan menyelamatkan kamu dari tangan ku ?.”Da’thur  menjawab “engaku ya Muhammad” Akhirnya Rasulullah SAW meneyelamatkan Da’thur .melihat kasih sayang yang ditunjukan oleh Rasulullah SAW itu, Da’thur pun masuk islam.
  9. Rasulullah SAW bertetangga dengan seorang yahudi dan nasrani, beliau SAW berusaha menjaga hak dan kewajiban dalam bertetangga, bila ada makanan,RAsulullah SAW menghadiahkan kepda tetangganya orang yahudi dan nasrani tersebut.
  10. Aisyah RA menceritakan bahwa Rasulullah SAW setiap malam dalam shalat tahajudnya sampai kakinya bengkak, matanya terus menangis untuk mendoakan ummatnya, supaya di ampuni, di rahmati dan jangan seoranganpun masuk neraka jahanam selama-lamanya beginilah kasih sayang dan perhatian Rasulullah SAW kepada ummatnya,(Jft/An-Najah/Gramedia dan sumber lain)
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...