Ventilator Langka, Trump Tuding Sejumlah Rumah Sakit di AS Lakukan Penimbunan

KONFRONTASI-Presiden Amerika Serika (AS), Donald Trump menuduh sejumlah rumah sakit menimbun ventilator, di tengah kelangkaan alat medis tersebut ketika AS kewalahan menghadapi Covid-19. Trump mengatakan, setiap rumah sakit yang tidak menggunakan perangkat tersebut harus memberikannya ke rumah sakit yang membutuhkan.

"Kami memiliki beberapa petugas kesehatan, beberapa rumah sakit yang menimbun peralatan medis, termasuk ventilator," kata Trump di Gedung Putih setelah pertemuan dengan para eksekutif perusahaan, termasuk dari US Medical Group.

"Kita harus merilis ventilator itu, terutama di rumah sakit yang tidak akan pernah menggunakannya," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (30/2/2020).

Pernyataan itu datang hanya dua hari setelah Trump meminta kekuatan darurat untuk meminta General Motors Co untuk membangun ventilator yang sangat dibutuhkan untuk pasien Covid-19, setelah ia menuduh produsen mobil terbesar di AS itu membuang-buang waktu selama negosiasi.

Administrasi Trump telah di bawah tekanan untuk meningkatkan produksi ventilator, yang penting untuk menyelamatkan nyawa pasien yang mengalami komplikasi dengan Covid-19.

Anthony Fauci, Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular sebelumnya memperkirakan bahwa pandemi tersebut dapat menyebabkan antara 100 ribu hingga 200 ribu kematian di AS.(mr/tar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA