9 December 2019

Venezuela Kumpulkan Lebih dari Satu Juta Tanda Tangan Anti-AS

Konfrontasi - Lebih dari satu juta tanda tangan telah dikumpulkan oleh pendukung Pemerintah Venezuela pada Ahad (22/3) untuk menyerukan "diakhirinya agresi AS" terhadap negara Amerika Selatan itu, kata seorang pejabat.

"Kami akan mengumumkan 10 juta tanda tangan dan menyerahkannya kepada presiden AS," kata Jorge Rodriguez, Wali Kota Karakas, yang memimpin kegiatan itu, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin (23/3).

Rodriguez juga mengatakan Pemerintah Venezuela telah menerima lebih dari 2,6 juta pesan dukungan di Twitter.

Kegiatan itu dimulai pada Kamis lalu (19/3) dan lebih dari 13.000 tempat didirikan di seluruh negeri tersebut untuk mengumpulkan tanda tangan itu, guna menuntut Presiden AS Barack Obama mencabut perintah yang mengumumkan Venezuela sebagai "ancaman" bagi keamanan nasional AS.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro adalah orang pertama yang memberi tanda tangan sebelum pendukungnya mulai mengumpulkan tanda tangan di seluruh Venezuela.

Beberapa organisasi Amerika Latin, termasuk Uni Bangsa Amerika Seltan (Unasur), Aliansi Bolivaria bagi Rakyat Amerika Kami (ALBA), telah mengutuk tindakan AS tersebut.

Kegiatan pengumpulan tanda tangan itu akan berlangsung sampai 9 April, sehari sebelum pembukaan Pertemuan Puncak Amerika di Panama, Kuba, tempat Obama dijadwalkan bertemu dengan semua presiden wilayah tersebut, termasuk Maduro. (rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...