Selalu Datang Terlambat, Guru Ini Nyaris Dipecat

KONFRONTASI - Di Trenton, New Jersey, Amerika Serikat, ada seorang guru yang doyan datang telat ke sekolah. Guru itu, Arnold Anderson, memegang rekor 111 kali telat dalam dua tahun terakhir.

Anderson menyalahkan kebiasaan sarapan sebagai penyebab keterlambatannya ke sekolah. "Saya punya kebiasaan buruk sarapan pada pagi hari, dan lupa waktu," kata Anderson, yang telah mengajar selama 15 tahun.

Kebiasaan itu membuat Anderson nyaris kehilangan pekerjaan. Sekolah Dasar Roosevelt di New Brunswick memecat Anderson dari pekerjaan yang memberinya gaji US$ 90 ribu per tahun itu. Tapi arbiter di New Jersey menolak permohonan pemecatan itu pada 19 Agustus lalu.

Pada tahun ajaran ini, Anderson tercatat telat sebanyak 46 kali terhitung hingga Maret lalu. Pada tahun ajaran sebelumnya, dia telat 65 kali. Anderson berkilah hanya telat satu-dua menit paling lama, dan tidak pernah terlambat masuk kelas.

Arbiter menyatakan Anderson perlu diberi hukuman keras, tapi bukan dipecat. Namun sekolah pun menolak argumen guru senior itu, yang menyatakan kualitas mengajarnya melebihi keterlambatannya.

Sekolah memutuskan dia diskors tanpa gaji hingga 1 Januari mendatang. Anderson mengaku kesal atas hukuman itu, tapi mengatakan itu lebih baik ketimbang dipecat.[tmp/ian]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA