18 February 2020

Sejumlah Negara Asia Selatan Diguncang Gempa

Konfrontasi - Gempa bumi berkekuatan 6,6 pada skala Richter melanda wilayah Asia Selatan, Minggu (10/4/2016), dan mengguncang beberapa bangunan di Pakistan, Afghanistan, dan India, kata saksi mata dan lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Namun sampai saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan atau jatuhnya korban jiwa.

USGS menyebutkan bahwa gempa bumi berpusat sekitar 40 kilometer (25 mil) sebelah barat Ashkasham, wilayah terpencil di timur laut Afghanistan, dekat dengan perbatasan Tajikistan dan hanya beberapa jengkal lahan dari Provinsi Chitral di barat daya Pakistan.

Gempa tersebut berkedalaman 210 kilometer (130 mil).

Sejumlah warga meninggalkan rumah mereka di Kabul dan Islamabad saat terjadi gempa yang mengguncang beberapa bangunan selama lebih dari satu menit di dua wilayah ibu kota berbeda tersebut.

Laporan yang sama diterima dari wilayah utara dan tengah Pakistan.

Orang-orang di Kota Lahore, Pakistan, yang berjarak sekitar 630 kilometer (390 mil) dari episentrum gempa juga dilaporkan merasakan guncangan tersebut.

Seorang saksi mata di Provinsi Chitral kepada Kantor Berita Reuters menuturkan bahwa guncangan tersebut sangat kuat, namun belum terlihat adanya kerusakan parah akibat bencana itu. (akt/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...