Ratusan Mayat Ditemukan di Bekas Markas Kartel Narkoba Meksiko

KONFRONTASI-Pihak berwenang Meksiko kembali menemukan 113 mayat dan sisa-sisa manusia dari kuburan rahasia di luar kota barat Guadalajara. Pengacara negara bagian Jalisco, Gerardo Octavio Solís, mengatakan pada Minggu (22/11) malam bahwa sudah ada 30 korban yang berhasil diidentifikasi.

Negara bagian ini menjadi markas Jalisco New Generation Cartel, salah satu kartel yang paling kejam dan kuat di Meksiko. Dalam beberapa tahun terakhir banyak ditemukan kuburan rahasia dan mayat di wilayah tersebut.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Meksiko, sejak 2006 hingga September tahun ini, sebanyak 897 mayat telah ditemukan dari kuburan rahasia di Jalisco. 605 di antaranya ditemukan selama pemerintahan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador yang menjabat pada Desember 2018, seperti dikutip dari AP, Selasa (24/11).

Kuburan di El Salto, tenggara Guadalajara, pertama kali ditemukan pada bulan Oktober lalu. Pada akhir Oktober, setidaknya 59 mayat ditemukan dari sebuah situs kuburan di negara bagian tetangga Guanajuato itu.

Pemerintah federal melaporkan pada bulan Oktober bahwa lebih dari 75 ribu orang telah hilang sejak tahun 2006. Jumlah tertinggi tercatat pada tahun lalu, yakni lebih dari 8.300 orang yang dilaporkan hilang.

Sejak 2006, ada sekitar 4.092 kuburan rahasia yang telah ditemukan dengan sekitar 6.900 mayat di seluruh Meksiko.(mr/rm)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...