Rakyat Terancam Kelaparan Karena Corona, Timor Leste Tega Kibuli Petaninya, Terang-terangan Beli Beras Rusak dari Negeri Tetangga

KONFRONTASI -    Wabah virus corona hingga kini masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat di seluruh dunia.

Terlebih, berbagai sektor bisa saja mengalami krisis.

Bahkan sejumlah negara pun telah melapor mengalami resesi akibat adanya pandemi global.


Namun, bagaimana dengan nasib negara-negara kecil seperti Timor Leste?

Melansir laman Worldometers, terdapat total 27 kasus positif virus corona di Timor Leste.

Meski demikian, tidak dilaporkan adanya korban meninggal akibat virus ini.

Bahkan, ke 27 orang yang sempat dinyatakan positif virus corona kini disebut telah pulih.

Sementara itu, menilik berbagai sektor yang terdampak pandemi global ini, Timor Leste nampaknya menaruh perhatian pada sektor ketahanan pangan rakyatnya.Untuk itu, Timor Leste lebih memilih untuk mengimpor beras dari Vietnam.

Tindakan itu diambil sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan negaranya di tengah ancaman pandemi covid-19.

Dilansir GridHot dari The Oekusi Post, salah satu program pemerintah Timor Leste yang saat ini dipimpin oleh Perdana Menteri Taur Matan Ruak adalah mengelabui petani.

Tindakan mengelabui tersebut dilakukan dengan mengatakan pada petani bahwa pemerintah akan mempromosikan hasil pertaniannya.


Padahal, pada nyatanya anggota pemerintahannya lebih memilih menerima beras impor dari luar negeri yang sudah tidak bergizi lagi.

Mereka sangat berani dan senang sekali memamerkan beras impor yang akan dijadikan ketahanan pangan nasional.
Beberapa buah-buahan dan sayuran kaya air juga bisa membantu meredakan gejala asam lambung. Misalkan mentimun, seledri, semangka, dan selada. 

4. Susu dan produk susu

Studi yang diterbitkan di Gut and Liver meneliti hubungan antara alergi susu sapi dengan gejala GERD pada anak-anak. 

Para peneliti menemukan, sejumlah anak-anak yang alergi susu sapi asam lambungnya kerap naik setelah minum susu. Studi tersebut masih membutuhkan penelitian lanjutan untuk mengetahui dampak sejenis pada orang dewasa. 

Hal yang perlu diingat, susu dan produk susu seperti susu full cream, mentega, krim kental, sampai keju umumnya juga banyak mengandung lemak jenuh. 

Untuk itu, ada baiknya penderita mempertimbangkan untuk memasukkan susu dan produk susu ke dalam makanan yang harus dihindari penderita asam lambung. 

Tak hanya menjaga pola makan sehat dan menghindari sejumlah pantangan asam lambung di atas, penderita juga disarankan untuk tetap rutin berolahraga, cukup tidur, dan minimalkan stres agar penyakit tak gampang kambuh.Mereka tak malu mengimpor beras yang bahkan sudah berkurang kadar gizinya.Kendati demikian, mereka tetap rela mengeluarkan uang ribuan dollar AS untuk membeli beras rusak tersebut.

Indeks Kelaparan Global pada tahun 2017 mengkategorikan Timor Leste sebagai negara dengan tingkat kelaparan yang “serius”.

Situasi ini merupakan akibat langsung dari sejumlah hal yang terjadi di negara tersebut.

Sebut saja produktivitas pertanian yang buruk, pendapatan yang rendah, infrastruktur yang belum berkembang dan kerentanan pasokan pangan Timor-Leste terhadap dampak harga pangan global dan variasi iklim.


Merespon situasi di atas, seorang komentator menilai bahwa hal tersebut tidak berarti pemerintah harus mengimpor beras yang tak layak.

Padahal, disebutkan bahwa beras yang dihasilkan oleh petani lokal di dalam negeri penuh dengan gizi yang baik.

“Namun, situasi ini tidak berarti pemerintah harus mengimpor beras dari luar negeri. Beras lokal yang diproduksi oleh petani lokal di dalam negeri penuh dengan gizi yang baik tapi sayangnya pemerintah tidak mau membelinya," kata seorang komentator. (Jft/GRIDHOT)
 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...