25 September 2018

Pertempuran Sengit Bergolak di Bandara Krusial Yaman

KONFRONTASI-Pertempuran sengit meletus antara pasukan pemerintah Yaman yang didukung Arab Saudi dengan pemberontak Houthi di sekitar bandara krusial di Hudaida, Yaman, Selasa 19 Juni 2018.

Para komandan pro-pemerintah mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa "bala bantuan besar" telah tiba di dekat bandara. Ini merupakan hari ketujuh dalam serangan pemerintah di Hudaida.

Serangan darat disertai serangan udara yang intens oleh pesawat tempur koalisi pimpinan Saudi melabrak posisi pemberontak Huthi di bandara. "Lokasinya terletak di selatan Hudaida," kata para komandan, seperti dikutip dari AFP, Selasa 19 Juni 2018.

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa.

Pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran menguasai Hudaida, titik masuk untuk 70 persen impor negara miskin itu pada 2014. Pendudukan itu mendorong aliansi yang dipimpin Arab Saudi untuk turun tangan di tahun 2015.

Pasukan Yaman yang didukung koalisi Arab Saudi memulai serangan terbesar ke Hudaida sejak Rabu pekan kemarin.

Sejak 2015, perang untuk menguasai negara termiskin di dunia Arab itu sudah menewaskan sekitar 10.000 orang, dan memicu apa yang dikatakan PBB sebagai krisis kemanusiaan terbesar di dunia.

PBB menyebut sekitar 22 juta orang membutuhkan bantuan darurat di Yaman, dengan 8,4 juta lainnya di ambang kelaparan. [mr/mtvv]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  



Berita lainnya

loading...