Perangi Ebola, Presiden Liberia Minta AS Tingkatkan Bantuan

KONFRONTASI-Guna memerangi epidemi ebola, Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf kembali meminta AS meningkatkan bantuannya bagi negaranya. Demikian hal tersebut diungkapkan Sirleaf, yang juga peraih Nobel Perdamaian 2011, dalam suratnya kepada Presiden Barack Obama.

Menurut Sirleaf, tanpa ada bantuan lebih banyak dari AS, negaranya akan kalah menghadapi perang melawan ebola. AS sendiri selama ini sudah mengucurkan puluhan jutaan dolar AS untuk membantu mengatasi epidemi ebola di Afrika Barat. Termasuk menyumbangkan dana sebesar 42,3 juta dolar untuk mempercepat uji coba obat eksperimental ebola ZMapp.

Selain itu, pemerintah AS lewat Kemenkesnya juga telah menandatangani kontrak 18 bulan senilai US$ 25 juta dengan perusahaan Mapp Biopharmaceutical untuk mempercepat produksi ZMapp yang saat ini stoknya habis.

Seperti diketahui ZMapp adalah obat eksperimental yang diberikan kepada pasien ebola sebagai upaya terakhir untuk menyembuhkan mereka. Hasilnya, sejauh ini obat eksperimental itu efektif untuk menyembuhkan pasien ebola.

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...