3 April 2020

Perang dan Blokade Yaman Sia-sia

KONFRONTASI - Menteri Luar Negeri Republik Islam Iran Mohammad Javad Zarif Kamis (05/12) di cuitannya berbahasa Arab seraya menyatakan dukungannya terhadap mekanisme damai untuk menyelesaikan krisis Yaman menekankan, perang dan blokade Yaman tidak ada keuntungannya.

IRIB melaporkan, Mohammad Javad Zarif di akun twitternya menulis, Iran menilai berlanjutnya perang dan blokade Yaman sia-sia dan menyambut solusi damai. Iran menurut Zarif juga mendorong semua pihak untuk mengambil langkah-langkah di solusi damai.

Menlu Iran sebelumnya telah menyodorkan rencana untuk menerapkan perdamaian di Yaman kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Prakarsa ini mencakup gencatan senjata, bantuan kemanusiaan, dialog Yaman-Yaman dan pembentukan pemerintahan menyeluruh.

Arab Saudi dengan dukungan Uni Emirat Arab (UEA) dan sejumlah negara lain melancarkan agresi militer ke Yaman sejak Maret 2015. Koalisi Arab pimpinan Riyadh juga memblokade Yaman dari darat, udara dan laut.

Perang yang dikobarkan koalisi Arab di Yaman telah menewaskan lebih dari 16 ribu orang, menciderai puluhan ribu lainnya dan memaksa jutaan warga Yaman mengungsi.[ian/parstoday]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...