Pandemi Corona Paksa India Batalkan Ziarah Amarnath Yatra

KONFRONTASI- India telah membatalkan ziarah suci umat Hindu, Amarnath Yatra, seiring dengan meningkat dan menyebarnya infeksi virus corona di sana.

Amarnath Yatra merupakan ziarah umat Hindu ke Gua Amarnath di sebuah pegunungan tertutup salju di Srinagar, negara bagian Jammu-Kashmir. Di sana, para pertapa Hindu dengan pakaian saffronnya berjalan 46 km ke gua, melintasi gletser dan genangan air.

"Kekhawatiran kesehatan begitu serius sehingga ketegangan pada sistem kesehatan, bersama dengan pengalihan orang ke Yatra akan sangat besar," ujar penyelenggara ziarah pada Selasa malam (21/7) seperti dikutip CNA.

Di samping itu, Dewan Kuil Amarnath telah mengumumkan akan penyembahan pada Dewa secara virtual pada pagi dan sore hari.

"Berdasarkan keadaan, dewan memutuskan dengan berat hati bahwa tidak disarankan untuk melakukan Amarnath Yatra tahun ini," ujar Dewan Kuil Amarnath.

“Dewan menyadari dan menghormati sentimen jutaan umat dan untuk menjaga agar sentimen keagamaan tetap hidup, dewan akan melanjutkan siaran langsung pada pagi dan sore hari," sambungnya.

Hingga saat ini, India sudah melaporkan hampir 1,2 juta kasus Covid-19 secara nasional, dengan 37.724 di antaranya baru dilaporkan pada Rabu (22/7).

Setelah terjadi lonjakan kasus, pemerintah India juga telah memperketat lockdown di Kashmir pada 12 Juli.

Semua toko dan tempat usaha di jalan utama Srinagar ditutup. Warga juga tidak diizinkan untuk keluar rumah.

Pembatakan Amarnath Yatra merupakan pertama kalinya sejak gua tersebut ditemukan oleh seorang petani di abad ke-19. Puncak Amarnath Yatra dilakukan pada Agustus dengan sekitar 600 ribu peziarah. [mr/rm]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...