Obama Kritik Donald Trump yang Menolak Muslim Masuk ke AS

Konfrontasi - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengkritik keras kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump. Obama mengkritik retorika anti-Muslim dari Trump.

Dalam wawancara dengan majalah Politico, Obama membandingkan cara kampanye Trump dengan lawan Obama ketika pemilu 2008, John McCain. Menurut Obama politik Amerika saat ini makin 'kejam' dan retorika kandidat seperti Trump dan Ted Cruz makin tidak dikenal olehnya.

"Coba Anda pikir kembali, ketika saya mencalonkan diri (pada 2008) melawan John McCain. McCain dan saya memiliki perbedaan tajam, tetapi John McCain tidak membantah isu perubahan iklim," ujar Obama kepada Politico, seperti dikutip Telegraph, Selasa (26/1/2016).

"John McCain tidak melarang Muslim masuk ke dalam Amerika Serikat," lanjutnya.

"Visi dari (Partai) Republik sudah berpindah. Bukan saja sudah pindah tetapi juga tidak dikenal," tegas Obama.

Obama menambahkan, John McCain merupakan sosok konservatif tetapi dia masuk ke dalam dialog politik bangsa. Hal ini dianggapnya berbeda dengan kandidat presiden dari Partai Republik lainnya.

Mantan Menteri Pertahanan Robert Gates juga mengecam level perdebatan yang diketengahkan oleh kandidat presiden dari Partai Republik.

"Saya kira anak sekolah bisa tertunduk malu dengan level dialog yang terjadi saat ini," tutur Gates.

"Orang-orang ini (kandidat Presiden Partai Republik), jelas tidak tahu apa yang mereka katakan," ungkapnya.

Bagi Gates, kandidat dari Republik ini dikhawatirkan bisa membuat masyarakat percaya apa yang dikatakannya. Jika hal itu terwujud, Amerika kata Gates, berada dalam kondisi bahaya. (mtrtv/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...