22 July 2018

Mulai Pagi Ini, Jokowi Terbang Ke Tiga Negara

KONFRONTASI-Presiden Joko Widodo bertolak ke Cina, Myanmar, dan Australia dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, 8 November 2014. Ia dijadwalkan berangkat menggunakan pesawat kepresidenan pukul 09.00 WIB.

Jokowi akan didampingi sejumlah menteri dalam kunjungan ini, yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Kunjungan kerja ke luar negeri ini merupakan yang pertama bagi Jokowi sejak ia dilantik menjadi presiden pada 20 Oktober lalu. Di Beijing, Cina, Jokowi akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi APEC.

Setelahnya, ia akan bertolak ke Naypyidaw, Myanmar, untuk menghadiri KTT ASEAN. Kemudian ia dan rombongan bertolak ke Brisbane, Australia, untuk menghadiri KTT G-20. Jokowi dan rombongan dijadwalkan tiba di tanah air pada Ahad, 16 September 2014.

 Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana bertolak ke Beijing, Tiongkok dari Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (8/11/2014) pagi. Pesawat kepresidenan ini lepas landas pada sekitar pukul 09.25 WIB. 

Keberangkatan Jokowi yang juga mengikutsertakan sang anak, Kahiyang Ayu, ini molor dari jadwal semula yaitu pukul 09.00. Pantauan Kompas.com, Presiden mengenakan baju kemeja batik warna cokelat sementara Ibu Negara mengenakan kebaya warna pink yang dipadupadan dengan selendang batik corak senada baju Jokowi.

Jokowi tiba di bandara tak lama setelah kedatangan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sejumlah pejabat di Kabinet Kerja tampak mengantar kepergian Jokowi itu. Terlihat di antaranya adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo, serta Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijanto.

Selain itu, hadir pula Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Surya Paloh tampak bercakap-cakap bersama Jokowi selama mengiringi langkah orang nomor satu negeri ini memasuki pesawat kepresidenan Boeing Business Jet 2.

Sementara itu, beberapa menteri-menteri lain seperti Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto masuk ke dalam pesawat mendahului Jokowi. Mereka ikut dalam rombongan lawatan perdana Presiden ke luar negeri ini.

Rencananya, Jokowi akan menghadiri Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) Economic Leaders' Meeting di Beijing, Tiongkok pada 8-12 November 2014. Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri ASEAN Summit di Myanmar pada 12-14 November 2014. Jokowi juga direncanakan melanjutkan perjalanan ke acara G20 Leaders' Summit di Brisbane, Australia pada 15-16 November 2014.(Tmp)

Category: 
Loading...