Militer Laut Iran Tangkap Kapal Nelayan Arab Saudi di Teluk Persia

Konfrontasi - Garda Revolusi Iran telah menahan sebuah kapal nelayan Arab Saudi dan menangkap semua krunya di tengah ketegangan diplomatik yang semakin memuncak antara kedua negara. Kejadian ini hanya berselang sebulan setelah Teheran menuduh penjaga pantai Arab Saudi melepaskan tembakan ke arah kapal nelayan Iran dan menewaskan seorang krunya.

Berdasarkan laporan kantor berita Iran, IRNA, lima warga negara India ditahan pada Sabtu, 22 Juli setelah kapal mereka yang berbendera Saudi melintasi wilayah perairan Iran di Teluk Persia. Juru bicara Kementerian Perikanan Iran, Ardeshir Yaramadi mengatakan, kejadian tersebut adalah kali kedua Iran menahan kapal Arab Saudi beserta krunya dalam sebulan terakhir.

Diwartakan Independent, Minggu (23/7/2017), hubungan antara Arab Saudi dan Iran berada di titik terendah dalam beberapa tahun terakhir. Kedua negara berpengaruh di Timur Tengah itu menuduh satu sama lainnya berusaha merusak keamanan regional dan nasional negara seterunya.

Riyadh menuduh Iran secara aktif mendukung kelompok-kelompok teroris terutama Hizbullah di Timur Tengah, sementara Iran menuding Arab Saudi berada di balik serangan teror ISIS yang menewaskan 18 orang di Teheran pada Juni.

Di bulan yang sama penjaga pantai Arab Saudi melepaskan tembakan ke arah kapal nelayan Iran, menewaskan seorang kru dan menahan tiga lainnya. Arab Saudi mengklaim kapal tersebut yang menerobos wilayahnya tersebut akan melakukan tindakan terorisme dan ketiga nelayan yang ditahan adalah anggota Garda Revolusi Iran. (oke/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...