17 July 2018

Malaysia Akui Buronan Sekte Sesat Masuk ke Indonesia

Konfrontasi – Sekelompok buronan pemerintah Malaysia diduga melarikan diri ke Indonesia. Komplotan ini diburu karena kasus penyimpangan ajaran agama yang diselidiki sejak awal September.

Dilansir dari Harian Metro, Selasa (23/9), kelompok sesat ini dipimpin oleh seorang pajabat di lembaga Jabatan Agama Islam Negeri. Pemerintah gagal menangkap tersangka pada Jumat (19/9) di Lapangan Terbang Antarbangsa Kuala Lumpur 2 (KLIA2).

"Hanya ada tujuh orang termasuk dua perempuan dan seorang anak-anak. Pihak berwajib mengenali mereka sebagai perantara pemimpin utama aliran sesat itu," tulis Harian Metro.

Sementara itu, Pejabat Kementerian Dalam Negeri Malaysia Zamihan Mat Zin Al Ghari mengatakan kelompok sesat ini memiliki ribuan pengikut dan bekerja melalui sumbangan dana anggota. Polisi memperkirakan organisasi ini memiliki dana senilai tiga juta ringgit (Rp11 miliar). Pemerintah Malaysia kuatir organisasi tersebut masih berkaitan dengan gerakan radikalisme di beberapa wilayah seperti Irak dan Suriah.

"Ajaran itu bergerak aktif di Selangor, Wilayah Persekutuan dan Negeri Sembilan, sebelum mulai menyusup masuk ke bagian utara Semenanjung setelah aktivitas mereka mulai diendus pihak berwajib," katanya.

Category: 
Loading...