Makin Panas, Rusia Lepaskan Tembakan ke Kapal Turki

Konfrontasi - Rusia mengatakan, salah satu kapal perangnya melepaskan tembakan peringatan pada kapal penangkap ikan Turki di Laut Aegea untuk menghindari tabrakan.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan, kapal Smetlivy melihat perahu nelayan Turki saat itu jaraknya 1.000 meter (3,000 kaki) pergi menuju sisi kapal Rusia. Meskipun berbagai upaya dilakukan oleh awak Smetlivy, kata kementerian, awak kapal nelayan Turki tidak melakukan kontak radio dan tidak menanggapi sinyal visual dengan semaphore atau peringatan.

"Untuk mencegah tabrakan, senjata kecil ditembakkan ke arah kapal Turki dari rentang yang tidak mematikan," kata kementerian pertahanan Rusia seperti dikutip dari laman BBC, Ahad (13/12/2015).

Menurut kementerian tersebut, kapal Turki mendekati hingga 600 meter (1.800 kaki) sebelum berbalik dalam menanggapi tembakan senjata Rusia. Atase militer Turki di Moskow telah dipanggil ke kementerian luar negeri atas insiden tersebut.

Hubungan antara Turki-Rusia tetap tegang terkait Turki yang menembak jatuh pesawat tempur Rusia di perbatasan Suriah pada 24 November 2015. Turki mengatakan Rusia menyeberang ke wilayah udaranya. Namun, Rusia membantahnya. (rol/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...