11 December 2018

KTT ASEAN Angkat Tema Perdamaian dan Kemakmuran

Konfrontasi - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-25 ASEAN resmi dibuka di Nay Pyi Taw. Presiden Republik Myanmar U Thein Sein telah membuka dengan pidato sambutan di depan 21 kepala negara.

Presiden Thein Sein mengatakan KTT ASEAN saat ini mengutamakan stabilitas realisasi politik kohesif, ekonomi terintegrasi dan Komunitas ASEAN yang bertangungjawab secara sosial serta memperkuat hubungan eksternal ASEAN. Dia juga mengapresiasi soliditas institusi ASEAN sesuai Piagam ASEAN dan perumusan elemen sentral visi Komunitas ASEAN pasca 2015.

ASEAN diharapkan menciptakan target yang tertulis dalam dokumen Bali Concord (III) yaitu menciptkan  Landasan Umum ASEAN tentang isu-isu global dengan mengambil posisi yang lebih terkoordinasi, kohesif, dan koheren.

Tema "Moving Forward In Unity To a Peaceful and Prosperous Community" atau Melangkah Maju Dalam Sebuah Komunitas Yang Damai dan Makmur juga tidak melupakan sikap tegas ASEAN terhadap peristiwa penembakan jatuh MH 317 dan tindak kekerasan di wilayah ASEAN.

Rencananya, KTT ASEAN Myanmar akan dilanjutkan KTT Asia Timur dan serangkaian KTT lainnya seperti KTT ASEAN dengan India, Jepang, Australia, Amerika Serikat, Tiongkok, ASEAN Plus Three, KTT ASEAN dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pada KTT ke-25 ASEAN ini Indonesia mengusulkan pembicaraan mengenai demokratisasi, penanganan HAM serta pematangan visi Komunitas ASEAN pasca 2015. Sedangkan pada KTT Asia Timur, Indonesia mengusulkan pembicaraan untuk penanganan Ebola serta penciptaan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...