Korut Masih di Bawah Kendali Kim Jong-Un

KONFRONTASI-Kim Jong-Un, setidak-tidaknya di permukaan, tampak mengendalikan Korea Utara, kata Menteri Pertahanan Korea Selatan Han Min-Koo, Kamis, setelah mengadakan pembicaraan dengan Kepala Pertahanan Amerika Serikat Chuck Hagel.

Han memberi penilaian terukur dan hati-hati ketika ditanya apakah ia percaya Kim, yang kembali ke mata publik pada awal bulan ini setelah tak muncul hampir enam pekan, sepenuhnya mengendalikan pemerintah bersenjata nuklir itu.

"Di permukaan tampaknya bahwa Kim Jong-Un secara efektif mengendalikan pemerintahan" Korea Utara, kata Han kepada wartawan di Pentagon.

"Namun, isolasi diplomatik dan krisis ekonomi kronis yang akan di kenakan jangka panjang bisa meningkatkan ketidakstabilan," tambahnya.

Han dan Hagel bertemu sebagai bagian dari Rapat Tahunan Permusyawaratan Keamanan Ke-46, di mana kedua pihak membahas upaya memperkuat kerja sama militer.

Kim membuat dua penampilan pekan lalu, keduanya terkenal karena foto-foto menunjukkan dia menggunakan tongkat, mendukungan laporan- laporan bahwa ketidakmunculannya adalah akibat cedera kaki atau kondisi.

Ketidakmunculan dirinya, yang dimulai pada awal September, dengan cepat menjadi sumber rumor dan spekulasi, yang masuk ke dalam tambahan pertanyaan setelah ia kehilangan dua peristiwa politik penting yang ia biasanya harapkan untuk hadiri. [mr/skl]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA