19 September 2019

AS Klaim Bunuh Kepala Keuangan ISIS

KONFRONTASI- Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengklaim telah membunuh anggota senior Negara Islam Irak Suriah (ISIS), Abu Sayyaf. Dia tewas setelah AS menggencarkan serangan darat di Suriah Timur.

"Abu Sayyaf adalah warga Tunisia. Dia dikabarkan menjadi kepala keuangan dari semua kegiatan ISIS," kata seorang pejabat AS, seperti dilansir BBC News, Ahad (17/5).

Pascaserangan tersebut, AS menyita bertumpuk-tumpuk dokumen yang menerangkan bagaimana ISIS beroperasi, berkomunikasi, dan mendapatkan uang.

Hal ini juga diungkapkan Departemen Pertahanan AS. "Abu Sayyaf membantu langsung penguasaan minyak dan gas untuk keungan ISIS. Dia juga memegang peran militer," kata Departmen Pertahanan AS.

Minyak dan gas adalah sumber daya penting yang digunakan ISIS untuk memperoleh uang. Sumber daya tersebut yang menjadi alasan ISIS menyerang sebagian besar wilayah yang berada di Irak dan Suriah.

Ini adalah invasi darat pertama oleh AS terhadap ISIS. Serangan itu juga telah mendapat restu Presiden AS Barack Obama dan dilakukan pasukan militer AS yang ada di Irak.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...