Kecanduan Minum Soda, Gigi Pria Ini Busuk

Konfrontasi - Minum minuman bersoda saat cuaca terik memang menyegarkan. Minuman ini akan lebih nikmat ketika ditambahkan es. Meski nikmat, Anda tidak boleh meminumnya secara berlebihan jika tidak mau mengalami masalah kesehatan seperti seorang pria bernama Michael Sheridan.

Pria asal Irlandia itu kehilangan gigi akibat kecanduan mengonsumsi minuman bersoda. Michael Sheridan bisa menghabiskan enam liter minuman bersoda dalam sehari. Dia akan merasa pusing dan badannya bergetar bila tidak mengonsumsi minuman tersebut.

Michael Sheridan mengaku selalu meminum minuman bersoda setengah jam setelah bangun tidur setiap hari. Tapi, suatu hari dia merasakan sakit pada giginya. Dia sampai tidak bisa tidur karena giginya terasa sangat nyeri. Dia juga merasakan napasnya berbau sehingga sering memakai masker untuk menutupi mulutnya.

“Aku merasa malu dengan bau mulut yang tak sedap. Warna gigiku juga berubah menguning, sehingga aku menyembunyikannya dengan memakai masker. Saat di rumah, aku lebih banyak diam hingga membuat anak dan istriku heran. Aku juga hampir tidak pernah tersenyum,” ungkap Michael Sheridan seperti dikutip dari The Independent, Kamis (25/1/2018).

Lama-kelamaan, Michael Sheridan yang tak kuasa menahan sakit pergi berobat ke dokter gigi. Dia sangat terkejut ketika dokter mengatakan jika giginya membusuk. Dokter menjelaskan kondisi ini terjadi karena dia terlalu sering mengonsumsi gula. Dia lalu menceritakan kebiasannya meminum soda setiap hari.

“Aku bercerita kepada dokter soal kebiasaan minum soda. Aku selalu mengawali hari dengan minum soda. Aku akan merasa lemas jika tidak meminumnya. Menurut dokter, kebiasaan inilah yang membuat gigiku membusuk,” sambung dia.

Dokter gigi bernama Murnaghan itu menyarankan kepada Michael Sheridan untuk mencabut giginya. Namun, dia menolak saran tersebut dan memilih terus menahan sakit. Tapi, kondisi ini sangat menyiksanya. Sebab, dia tidak bisa mengunyah makanan apapun dengan giginya yang selalu terasa nyeri. Setelah setahun kesakitan, dia akhirnya mau mencabut semua giginya.

“Aku menjalani proses pengangkatan gigi selama dua jam. Aku menghabiskan biaya sekitar 50.000 Euro [sekitar Rp824 juta] untuk menghilangkan rasa sakit di mulutku,” kenangnya.

Setelah giginya dicabut, dokter meminta Michael Sheridan menghentikan kebiasannya minum soda. Kini, dia harus memakai gigi palsu untuk membantunya makan. Tapi, dia lebih sering mengonsumsi makanan yang bertekstur lembut karena tidak nyaman memakai gigi palsu itu. Dia juga memperingatkan teman dan kerabatnya tentang bahaya minum soda yang harus dihindari. (solops/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...